Sukses

Kebakaran Gedung 42 Lantai di Hong Kong Picu 5 Bangunan Terbakar, 170 Orang Dievakuasi

Sebuah bangunan bertingkat tinggi yang sedang dibangun di Hong Kong terbakar dan masih menyala beberapa jam kemudian.

Liputan6.com, Hong Kong - Sebuah bangunan bertingkat tinggi yang sedang dibangun di Hong Kong terbakar dan masih menyala beberapa jam kemudian. Beberapa blok perumahan di dekatnya dievakuasi pada Jumat 3 Maret 2023 pagi karena api berpotensi akan menyebar.

Para pejabat mengatakan kebakaran awalnya terjadi pada Kamis 2 Maret 2023 pukul 23.11 di Tsim Sha Tsui, distrik perbelanjaan dan wisata yang sibuk di tepi pelabuhan kota. Kebakaran akhirnya meningkat ke tingkat keparahan keempat pada skala lima poin.

"Tidak ada korban yang dilaporkan pada Jumat pagi, sementara 130 warga yang terkena dampak telah dipindahkan ke jarak yang aman, kata polisi kepada AFP yang dikutip hari Jumat.

Belakangan sejumlah media menyebut jumlah orang yang dievakuasi disebut mencapai 170.

Api pertama kali terlihat di dekat perancah di bagian atas gedung, dengan kobaran api terlihat jelas di seberang pelabuhan dan mengirimkan percikan api ke jalan-jalan tetangga.

Sekitar satu jam kemudian, api telah menyebar ke sepanjang gedung dan mendekati permukaan jalan, tempat ratusan penonton berkumpul.

Keterangan Saksi Mata: Pemandangan Apokaliptik

Turis Jepang Tosho Sai, yang tinggal di gedung terdekat, mengatakan seorang penjaga keamanan menyuruh semua orang di lantainya untuk pergi setelah jendela di unit sebelah terkena bara api.

Seorang pelancong bisnis Prancis yang melewati situs tersebut mengatakan dia melihat "banyak puing berjatuhan" dari menara.

"Ini benar-benar pemandangan apokaliptik... Benar-benar sangat, sangat menakutkan bagi semua orang", katanya kepada AFP.

Puing-puing besar - tampaknya dari lokasi - terlihat di tanah, dan bau tajam menyebar ke udara, kata seorang reporter AFP di tempat kejadian.

Api terlihat di atap menara perkantoran di seberang jalan Jumat sekitar pukul 03.30 pagi, memicu kekhawatiran akan terjadinya kebakaran yang lebih luas di area padat bangunan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Bangunan Lain Terbakar

Polisi mengatakan lima bangunan di daerah sekitarnya telah melaporkan adanya kebakaran, meskipun beberapa di antaranya telah dipadamkan dengan cepat.

Bangunan yang terbakar itu disebut sebagai harbourside icon atau ikon tepi pelabuhan dengan 42 lantai. Rencananya untuk menampung Mariners 'Club yang bersejarah dan hotel baru, menurut situs web pengembangnya, Empire Group.

Proyek pembangunan kembali senilai HK$6 miliar (US$764 juta) itu mendapat lampu hijau pada tahun 2019 dan semula diharapkan selesai pada paruh pertama tahun 2023, menurut media lokal.

Empire Group sejauh ini belum mengeluarkan komentar terkait peristiwa kebakaran tersebut.

3 dari 4 halaman

Kebakaran di WTC Hong Kong Setinggi 39 Lantai, 150 Orang Terjebak

Sebelumnya pada 15 Desember 2021, gedung pencakar langit, World Trade Centre Hong Kong terbakar. Membuat 150 orang terjebak di dalamnya.

Akibat insiden tersebut, 13 orang terluka sebelum petugas pemadam kebakaran memadamkan api, kata polisi dan pemadam kebakaran.

World Trade Center (WTC) setinggi 39 lantai adalah tempat bagi restoran, kantor, dan toko di kawasan komersial dan perbelanjaan Causeway Bay yang ramai.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Kamis (16/12/2021), kebakaran terjadi di ruang utilitas di lantai bawah mal bangunan pada siang hari, kata media lokal, sebelum menyebar ke perancah bambu yang melapisi bagian luar.

Pihak berwenang kota Hong Kong mengatakan petugas pemadam kebakaran telah memerangi api dengan dua selang bertenaga tinggi, menggunakan tangga dan alat bantu pernapasan dalam upaya mereka untuk menyelamatkan mereka yang terperangkap.

Polisi mengatakan kepada Reuters 13 orang dibawa ke rumah sakit, salah satunya dalam kondisi setengah sadar.

4 dari 4 halaman

Kebakaran Apartemen di Hong Kong

Kebakaran lain yang sempat jadi sorotan di Hong Kong pernah terjadi menjelang akhir tahun 2020, merenggut nyawa tujuh orang. Bocah berusia 9 tahun termasuk menjadi korban jiwa.

Menurut laporan South China Morning Post, Senin (16/11/2020), korban tewas dalam kebakaran ini terdiri atas empat laki-laki dan tiga perempuan. Usianya antara 9 sampai 40 tahun.

Lokasi kebakaran berada di apartemen persimpangan Canton Road dan Saigon Street di Yau Ma Tei.

Ada sejumlah orang lain yang dirawat di rumah sakit akibat insiden tersebut. Tiga laki-laki dan empat perempuan kritis, dua lainnya dalam kondisi serius.

Satu orang sudah pulang dari rumah sakit dan satu lagi kondisinya stabil.

Peristiwa itu dianggap sebagai kebakaran paling mematikan dalam 10 tahun terakhir. Api diduga berasal dari restoran tanpa izin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.