Sukses

Indonesia Minta Dunia Berikan Aksi Nyata untuk Bantu Palestina

Indonesia kembali menegaskan posisi terkait kependudukan Israel di wilayah Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kembali menegaskan posisinya soal kependudukan Israel di Palestina. Kemlu RI mendukung adanya langkah nyata untuk membantu Palestina di level internasional.

Perlu diketahui, baru-baru ini negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menolak sanksi yang diberlakukan oleh Israel terhadap otoritas Palestina. Sanksi ini diberlakukan atas upaya Palestina mencari pandangan dari Mahkamah Internasional (ICJ) tentang kependudukan Israel selama puluhan tahun. 

Terkait ini, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Teuku Faizasyah pun menggarisbawahi pernyataan Menlu RI Retno Marsudi saat menghadiri pertemuan Open Debate Dewan Keamanan (DK PBB) di New York, yang juga membahas soal Palestina

Faizasyah mengatakan bahwa posisi Indonesia adalah untuk memperkuat dukungan terhadap legal advice oleh ICJ.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno menegaskan pentingnya langkah konkret dalam menemukan solusi untuk Palestina. 

“Ibu Menteri Luar Negeri telah menggarisbawahi saat ini mungkin sudah tidak waktunya lagi berbicara mengenai hal-hal bersifat pernyataan yang tidak bisa segera untuk direalisasikan. Untuk itu perlu ditegaskan kembali perlunya masyarakat dunia untuk mengambil langkah konkret,” ujar Faizasyah dalam press briefing, Kamis (19/1/2023). 

Faizasyah pun kembali menambahkan bahwa Israel juga harus menyatakan langkah konkretnya. 

"Sama seperti halnya dari Israel, harus ada langkah konkret, sehingga proses menuju dihidupkannya kembali perundingan solusi damai dua pihak bisa dilakukan," tambahnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantuan Internasional

Selain itu, Indonesia melalui Menlu Retno juga menekankan perlunya bantuan masyarakat internasional untuk Palestina. 

Dalam laporan yang diungkapkan Faizasyah, saat ini ada sekitar 2 juta pengungsi Palestina yang tersebar di beberapa wilayah, yang sangat membutuhkan bantuan dari dunia. Ini merupakan salah satu bentuk langkah konkret yang dimaksud oleh Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Pentingnya Isu Palestina

Faizasyah pun mengatakan bahwa Indonesia akan memastikan bahwa isu Palestina akan tetap menjadi fokus perundingan dalam forum internasional. 

“Jangan sampai perhatian dunia kemudian beralih pada isu-isu baru yang mendapat atensi yang lebih besar saat sekarang ini,” ujarnya.

Sementara itu, kehadiran Menlu Retno di Open Debate DK PBB juga merupakan salah satu bentuk konkret dalam komitmen Indonesia untuk memastikan bahwa isu Palestina tetap menjadi perhatian internasional. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.