Sukses

Kiev: Vladimir Putin Diduga Hendak Tambah 500 Ribu Pasukan ke Perang Ukraina

Liputan6.com, Moskow - Seorang penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina telah secara terbuka mengumumkan bahwa Rusia sedang mempersiapkan gelombang kedua mobilisasi di negara itu.

"Rencananya adalah untuk menyusun 500.000-700.000 personel," Anton Gerashchenko mengatakan. Ia menambahkan "karena 300.000 yang asli direkrut kembali pada bulan September sudah terbunuh, terluka, atau mengalami demoralisasi," demikian seperti dikutip dari MSN News, Minggu (4/12/2022).

Pengumuman Gerashchenko datang pada saat membedakan antara fakta dan fiksi menjadi hampir mustahil. Perang informasi saat ini antara Rusia dan Ukraina membuat kedua belah pihak bekerja dengan rajin untuk merusak dukungan di garis depan dalam negeri.

Tetapi tampaknya mungkin ada beberapa bukti untuk mendukung draf yang diperbarui. Para pemimpin regional di Rusia menulis Putin pekan lalu menuntut agar dia berhenti memobilisasi cadangan untuk berperang di Ukraina.

Emilia Slabunova, anggota Majelis Legislatif Republik Karelia, memposting surat ke saluran Telegram-nya minggu lalu mencatat bahwa desas-desus saat ini tentang rancangan yang diperbarui "mempengaruhi keadaan psikologis masyarakat," dan merupakan "sumber kecemasan dan peningkatan kecemasan dalam keluarga Rusia."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Desas-Desus Berkecamuk

Saluran Telegram pro-Rusia juga telah dipenuhi dengan desas-desus tentang draf kedua yang diprediksi akan dimulai pada bulan Desember atau Januari.

"Tidak ada keraguan bahwa gelombang mobilisasi baru akan dimulai pada pertengahan Januari," tulis Kirill Goncharov, wakil kepala partai Yabloko cabang Moskow di Telegram.

"Mereka masih mengirimkan surat panggilan, mereka masih mencegah orang meninggalkan negara itu," kata Goncharov.

Kremlin saat ini tidak membahas kemungkinan mobilisasi militer kedua di Rusia menurut juru bicara Kremlin Dimitri Peskov.

"Tidak ada diskusi tentang itu," kata Peskov kepada wartawan dalam panggilan pers mingguannya, menurut kantor berita TASS yang dikelola pemerintah Rusia.

Namun, pernyataan Peskov tidak menutup kemungkinan Kremlin memanggil wajib militer putaran kedua untuk membantu memerangi perang di Ukraina.

"Saya tidak bisa berbicara untuk Kementerian Pertahanan." Peskov mengatakan selama panggilan pers, "Tidak ada diskusi tentang masalah ini di Kremlin."

Andrei Kolesnikov, seorang ahli politik dalam negeri Rusia di Carnegie Endowment for International Peace, mengatakan kepada The Moscow Times bahwa mobilisasi kedua sangat tidak mungkin, "Tingkat kecemasan di seluruh masyarakat Rusia tidak akan memungkinkan Kremlin untuk melakukan mobilisasi gelombang kedua."

"Kita harus melihat bagaimana tanah itu terletak setelah Tahun Baru," kata Saks kepada ERR News.

 

3 dari 3 halaman

100 Ribu Tentara

Tetapi berita mengenai mobilisasi baru mungkin datang lebih cepat daripada yang diperkirakan beberapa analis.

Dokumen yang bocor ditemukan oleh Vazhnye Istorii dari outlet media investigasi independen Rusia Sumber Penting telah mengungkapkan bahwa Kremlin mengharapkan untuk menderita kerugian yang tidak dapat diubah dari 100.000 tentara selama kampanye musim dingin di Ukraina.

"Hingga 100.000 tentara mungkin terbunuh atau terluka pada musim semi mendatang. Tetapi tidak ada yang khawatir tentang ini: mereka akan digantikan oleh wajib militer," kata seorang sumber yang dekat dengan Layanan Keamanan Federal Rusia kepada Istorii.

Sumber itu, yang tampaknya juga dekat dengan Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia mencatat bahwa Kementerian Pertahanan Rusia berencana untuk melatih setidaknya 120.000 wajib militer lainnya untuk menggantikan kerugian musim dingin yang diharapkan di Ukraina.

Ini mungkin menjelaskan mengapa Putin belum membatalkan dekrit mobilisasi parsial asli yang dia tandatangani pada bulan September yang memungkinkan Kremlin untuk memanggil 300.000 warga Rusia untuk dinas militer di Ukraina.

Semua ini harus diambil dengan sebutir garam karena perang informasi masih berkecamuk. Tetapi Rusia memang memiliki populasi lebih dari 140 juta sehingga negara itu mungkin dapat mempertahankan mobilisasi lain. Apakah rezim Putin dapat bertahan secara politik atau tidak adalah masalah lain. Apa yang terjadi, mobilisasi kedua tentu akan menjadi pertaruhan politik yang sangat berisiko untuk perang yang sudah tampak hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.