Sukses

Piala Dunia 2022: Fans Jepang Bersih-bersih Usai Pertandingan Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - Fans dan pemain Jepang mendapat perhatian pada gelaran Piala Dunia karena selalu bersih-bersih setelah pertandingan, apakah mereka menang atau kalah. Pesepak bola Jepang juga melakukan hal yang sama di ruang ganti: menggantung handuk, membersihkan lantai, dan bahkan meninggalkan pesan terima kasih.

Perilaku mereka dalam Piala Dunia di Qatar menjadi viral di media sosial. Namun, kegiatan bersih-bersih itu adalah hal yang lumrah bagi para fans dan pemain Jepang. Mereka melakukan aktivitas yang dilakukan sebagian besar orang Jepang - di rumah, di sekolah, di kantor, atau di jalan-jalan dari Tokyo sampai Osaka, Shizuoka sampai Sapporo.

"Bagi rakyat Jepang, ini adalah sesuatu yang normal," kata pelatih Jepang Hajime Moriyasu, seperti dikutip dari VOA Indonesia, Senin (27/11/2022).

"Ketika meninggalkan suatu tempat, kita harus meninggalkannya dalam keadaan yang lebih bersih dari sebelumnya. Itu adalah didikan yang kami terima. Itu budaya dasar kami. Bagi kami, tidak ada yang spesial."

Juru bicara Asosiasi Sepak Bola Jepang mengatakan pihaknya memasok 8.000 kantong sampah untuk membantu para fans bersih-bersih setelah pertandingan dengan pesan "terima kasih" tertulis dalam bahasa Arab, Jepang dan Inggris.

Ini adalah ketujuh kalinya Jepang ikut dalam Piala Dunia, dan kebersihan mereka mulai jadi berita dalam Piala Dunia pertama pada 1998 di Prancis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Hasil Pertandingan Piala Dunia 2022 Jepang vs Kosta Rika

Kosta Rika sukses menaklukkan Jepang dalam laga kedua Grup E Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali pada Minggu (27/11/2022) pukul 17.00 WIB.

Keysher Fuller menjadi bintang kemenangan timnya usai melesakkan gol semata wayang di menit ke-81. Sedangkan, pasukan Samurai Biru gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang didapat, hingga skornya nihil sampa akhir laga.

Jepang sejatinya berada di posisi yang lebih nyaman ketimbang Kosta Rika. Mereka sudah mengantongi tiga poin usai menaklukkan Jerman di laga perdana.

Sementara itu, pasukan Los Ticos sedang tertekan. Keylor Navas dan kawan-kawan baru saja dibantai tujuh gol tanpa balas oleh Spanyol dalam pertandingan Piala Dunia Qatar yang dihelat Rabu (23/11/2022) lalu.

 

3 dari 3 halaman

Tampil Berbeda

Samurai Biru memang tampil berbeda dibanding saat berjaya atas Die Mannschaft. Jepang lebih banyak mempertahankan penguasaan bola di area lini tengah. Mereka nyaris tidak berinisiatif melakukan serangan terhadap kubu Kosta Rika di awal laga.

Kedua kesebelasan masih sama-sama ompong hingga pertandingan memasuki menit ke-18. Tak ada gol dan ancaman yang terlalu berbahaya, baik dari kubu Samurai Biru maupun Los Ticos.

Jepang mencoba menciptakan momentum untuk mencetak gol di menit ke-39. Namun, upayanya belum cukup untuk membuat Los Ticos kesulitan. Bola yang dikirim Daichi Kamada dapat diamankan dengan mudah oleh Navas.

Hingga mendekati pengujung babak pertama, kedua kesebelasan masih tidak bisa menunjukkan kualitas performa terbaiknya. Skor imbang 0–0 untuk Jepang dan Kosta Rika bertahan sampai turun minum.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS