Sukses

Donald Trump Beri Sinyal Kuat Akan 'Bertarung' Kembali di Pilpres AS 2024

Donald Trump seakan-akan memberikan sinyal kuat bahwa ia akan mencalonkan diri kembali sebagai Presiden AS diperode selanjutnya.

Liputan6.com, Des Moines - Donald Trump seakan-akan memberikan sinyal kuat bahwa ia akan mencalonkan diri kembali sebagai Presiden AS diperode selanjutnya.

Mantan presiden Amerika Serikat itu mengatakan kepada orang banyak di Iowa, bahwa dia akan "sangat, sangat, sangat mungkin melakukannya lagi" pada tahun 2024.

Trump menyampaikan hal itu pada kampanye pertama untuk kandidat Partai Republik dalam pemilihan paruh waktu minggu depan.

Presiden AS Joe Biden juga melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk mendapatkan suara, dikutip dari BBC, Jumat (4/11/2022).

Midterm Election ini akan menggambarkan lanskap politik AS menjelang pemilihan presiden dalam waktu dua tahun ke depan.

Pada Kamis malam, Trump, seorang Republikan, mengulangi klaimnya yang tidak berdasar bahwa ia kalah pada 2020 karena kecurangan pemilu.

"Saya menang dua kali, dan melakukan jauh lebih baik untuk kedua kalinya daripada yang pertama, mendapatkan jutaan suara lebih banyak pada tahun 2020 daripada yang saya dapatkan pada tahun 2016," kata Trump.

"Dan juga, mendapatkan lebih banyak suara daripada presiden yang pernah menjabat dalam sejarah negara kita sejauh ini."

"Dan untuk membuat negara kita sukses serta aman, Saya akan sangat, sangat, sangat mungkin melakukannya lagi."

"Segera," katanya kepada orang-orang yang bersorak-sorai.

"Siap-siap," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joe Biden: Jika Tak Terima Kekalahan dalam Pemilu Paruh Waktu Semua Bisa Kacau

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden telah memperingatkan setiap kandidat yang menolak untuk menerima kekalahan dalam midterm election di AS atau pemilihan paruh waktu dapat membuat negara itu berada di "jalan menuju kekacauan".

Dilansir BBC, Kamis (3/11/2022), ia juga mendesak Amerika untuk bersatu menentang "kekerasan politik" dalam pemungutan suara pada 8 November.

Biden, seorang Demokrat, mengatakan mantan Presiden Donald Trump dan para pendukungnya menjajakan "kebohongan konspirasi dan kedengkian".

Kontrol kedua kamar Kongres dan gubernur negara bagian kunci tergantung pada keseimbangan dalam pemilihan minggu depan. Sebagian besar perkiraan menunjukkan Partai Republik akan memenangkan kendali Dewan Perwakilan Rakyat, sementara Senat bisa memilih jalan mana pun. 

Biden berbicara dalam pidato yang disiarkan secara nasional pada Rabu malam di Union Station Washington DC - hanya beberapa meter dari tempat para pendukung Trump menyerbu US Capitol tahun lalu dalam upaya untuk membatalkan hasil pemilihan 2020.

Biden menyalahkan Trump - yang tidak dia sebutkan namanya, tetapi disebut sebagai "mantan presiden yang kalah" - karena menginspirasi ancaman oleh beberapa kandidat Partai Republik untuk menolak menerima hasilnya jika mereka kalah minggu depan.

"Itulah jalan menuju kekacauan di Amerika," kata Biden. 

"Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Ini melanggar hukum. Dan itu bukan Amerika."

3 dari 4 halaman

Merujuk pada Donald Trump

Presiden juga berusaha menghubungkan retorika pemilihan Trump dengan serangan pekan lalu terhadap suami Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Dia berpendapat bahwa "kebohongan besar Trump bahwa pemilihan tahun 2020 telah dicuri" adalah kekuatan pendorong di balik serangan terhadap Paul Pelosi yang berusia 82 tahun dan kerusuhan Capitol AS.

"Itu adalah kebohongan yang memicu peningkatan berbahaya dalam kekerasan politik dan intimidasi pemilih selama dua tahun terakhir," kata Biden.

4 dari 4 halaman

Ancaman Meningkat

Presiden Joe Biden berbicara ketika hakim federal di Arizona mengeluarkan perintah penahanan terhadap sekelompok pendukung Trump, yang telah dituduh melecehkan pemilih di dekat kotak suara di negara bagian perbatasan.

Pemerintah AS pekan lalu mendistribusikan buletin kepada lembaga penegak hukum yang memperingatkan "ancaman yang meningkat" dari ekstremisme kekerasan domestik, menambahkan bahwa kandidat dan petugas pemilu dapat menjadi sasaran individu dengan "keluhan ideologis".

Partai Republik bereaksi terhadap pernyataan Biden dengan berargumen bahwa dia mencoba mengalihkan perhatian orang Amerika dari peringkat persetujuannya yang rendah dan inflasi AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.