Sukses

China dan Rusia Kian Mesra, AS Malah Jadi Prihatin

Amerika Serikat menyatakan keprihatinannya atas hubungan antara China dan Rusia yang semakin dekat.

Liputan6.com, Washington - Amerika Serikat prihatin dengan hubungan yang semakin dalam antara China dan Rusia, kata Departemen Luar Negeri AS setelah Presiden China Xi Jinping bertemu dengan timpalannya dari Rusia Vladimir Putin di Uzbekistan pada Kamis (15 September).

Dilansir Channel News Asia, Jumat (16/9/2022), itu adalah pertemuan tatap muka pertama mereka sejak dimulainya perang Ukraina, dengan Xi menyebut Putin “teman lama saya” dan Putin menyebut Xi sebagai “teman baik”.

Putin mengatakan pada hari Kamis bahwa dia mengerti bahwa Xi memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang situasi di Ukraina, tetapi memuji pemimpin China untuk posisi yang “seimbang” dalam konflik tersebut.

Dalam jumpa pers pada hari Kamis, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan hubungan antara China dan Rusia tidak semakin dalam selama “hari, minggu atau bulan”, tetapi selama bertahun-tahun.

“Tentu saja, kami telah melihat hubungan ini bergerak lebih dekat bersama-sama. Kami telah memperjelas keprihatinan kami tentang hubungan yang semakin dalam ini dan kekhawatiran yang harus dimiliki setiap negara di dunia tentang hubungan ini,” katanya.

Meskipun “tidak mengejutkan” bahwa Rusia dan China bersatu, Price mengatakan apa yang “mencolok” adalah pengakuan Putin tentang kekhawatiran Xi mengenai perang Ukraina.

“Tidak mengherankan bahwa (China) tampaknya memiliki kekhawatiran seperti itu. Agak aneh bahwa Presiden Putin akan menjadi orang yang mengakuinya secara terbuka,” tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Kerja Sama dengan China

Price mengatakan Rusia “mencari setiap garis hidup yang mungkin” ketika datang ke perang, dan beralih ke negara-negara seperti Korea Utara dan Iran.

China harus melakukan “usaha yang luar biasa bahkan untuk mencoba menjelaskan” bagaimana perang Ukraina tidak akan “secara otomatis” bertentangan dengan prinsip kedaulatannya, tambah Price.

AS memiliki informasi bahwa Rusia sedang mencari bantuan keamanan dari China.

“Kami juga mengumumkan fakta bahwa kami akan mengawasi dengan sangat cermat dan bahwa (China) akan menanggung biaya yang signifikan jika memberikan bantuan militer kepada Rusia dalam perangnya atau jika membantu Rusia secara sistematis menghindari sanksi yang diberikan masyarakat internasional."

“Kami belum melihat (China) melakukan salah satu dari hal itu,” kata Price.

3 dari 4 halaman

Sanksi dari AS untuk Rusia

AS pada hari Kamis menjatuhkan lebih banyak sanksi pada daftar panjang pejabat dan perusahaan Rusia, meningkatkan tekanan atas invasi Ukraina.

Pejabat tinggi yang mengawasi operasi pasar sekuritas Rusia, kelompok pejuang neo-Nazi, pejabat Rusia dan pro-Rusia di wilayah pendudukan Ukraina, dan pejabat hak anak yang diduga mengarahkan pemindahan anak-anak Ukraina ke Rusia semuanya masuk dalam daftar hitam sanksi AS. 

Badan intelijen GRU dan penasihat ekonomi utama Presiden Vladimir Putin, Maxim Oreshkin, dimasukkan dalam daftar sanksi.

4 dari 4 halaman

Pertemuan Xi dan Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (15 September) mengatakan dia memahami bahwa Xi Jinping memiliki pertanyaan dan kekhawatiran tentang situasi di Ukraina tetapi memuji pemimpin China atas apa yang dia katakan sebagai posisi "seimbang" dalam konflik tersebut.Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.