Sukses

Prancis dan Inggris Mulai Waspada Banjir Bandang

DW - Prancis dan sebagian Inggris bersiap menghadapi datangnya badai dahsyat. Sebelumnya wilayah ini dilanda musim panas yang kering dan gelombang panas selama berminggu-minggu.

Hujan badai dahsyat melanda Prancis pada malam hari, hujan menyebabkan genangan air membanjiri stasiun kereta bawah tanah di Paris dan menyebabkan kemacetan lalu lintas. Pada Rabu (17/08) otoritas cuaca Prancis memperingatkan risiko banjir bandang baru.

"Badai sedang menuju ke timur... dan dapat menjadi hebat dengan hujan lebat yang di beberapa tempat bisa turun hingga delapan sentimeter dalam waktu singkat," papar badan cuaca, Meteo France.

Pada hari Selasa, angin dengan kecepatan lebih dari 100 kilometer per jam dilaporkan melanda puncak Menara Eiffel. Prakiraan memperingatkan cuaca ekstrem berupa angin kencang serupa pada hari Rabu akan melanda kawasan di tenggara.

Badai musim panas membuat Paris dan daerah lainnya dihantam oleh hujan es. Di selatan Prancis, hujan badai membanjiri Pelabuhan Tua Marseille dan gedung pengadilan utama kota dan menyebabkan penutupan pantai-pantai terdekat.

Tingkat siaga diumumkan untuk 13 departemen, termasuk beberapa di sepanjang pantai Mediterania dan sekitar kota Lyon di tenggara Prancis. Peringatan cuaca juga dikeluarkan untuk Normandia di sepanjang Selat Inggris di barat laut, memanjang ke arah perbatasan dengan Belgia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Warga Diminta Tunda Perjalanan

Pihak berwenang meminta orang-orang untuk menunda rencana perjalanan dan menghindari jalur air.

"Air hanya setinggi 30 sentimeter sudah cukup untuk menyapu sebuah mobil," imbau prefektur departemen Var di French Riviera dalam sebuah pernyataan.

Di sisi lain, curah hujan hujan tinggi yang turun baru-baru ini, telah memberikan sedikit kelonggaran bagi petugas pemadam kebakaran yang berjuang melawan kebakaran terburuk di Prancis dalam dekade terakhir.

Sebelumnya, kebakaran hutan terus berkobar di sejumlah kawasan barat daya Prancis.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Cuaca Ekstrem

Sebagian besar Eropa Barat telah mengalami cuaca ekstrem yang oleh para ahli dikaitkan dengan perubahan iklim sebagai imbas dari  perilaku manusia.

London dan bagian lain dari Inggris selatan mengalami banjir bandang saat hujan deras dan badai petir melanda negara yang sebelumnya mencatat suhu setinggi 40 derajat Celcius pertama kalinya bulan lalu.

Namun meskipun hujan turun, sebagian besar Inggris secara resmi masih mengalami kekeringan setelah menghadapi salah satu musim panas terkeringnya.

4 dari 4 halaman

Banjir Bandang Terjang China Tewaskan 16 Orang

Badai hujan tiba-tiba di China barat memicu tanah longsor yang mengalihkan sungai dan menyebabkan banjir bandang di daerah berpenduduk, menewaskan sedikitnya 16 orang dan menyebabkan 18 lainnya hilang, kata media pemerintah China, Kamis (18/8/2022).

Tim penyelamat, yang sebelumnya melaporkan 36 orang hilang, telah menemukan 18 di antaranya pada sore hari, kata penyiar CCTV negara dalam pembaruan online. 

Selengkapnya di sini....

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS