Sukses

Pangeran Harry dan Meghan Markle Bakal ke Kota Manchester dan Jerman, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan istrinya Meghan, Duchess of Sussex, akan mengunjungi Inggris bulan depan untuk pertama kalinya sejak mereka kembali untuk perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II.

Dilansir Channel News Asia, Selasa (16/8/2022), seorang juru bicara pasangan itu mengatakan pada hari Senin (15 Agustus) bahwa mereka akan "mengunjungi beberapa badan amal yang dekat dengan hati mereka" di Inggris dan Jerman.

Harry dan Meghan akan melakukan perjalanan ke kota Manchester di Inggris utara pada 5 September untuk menghadiri pertemuan puncak One Young World, sebuah acara kepemimpinan pemuda dengan ratusan peserta internasional dari seluruh dunia. Meghan diharapkan untuk memberikan pidato utama pada upacara pembukaan.

Mereka kemudian akan menuju ke Duesseldorf, Jerman, untuk sebuah acara pada 6 September menghitung mundur ke Invictus Games tahun depan, acara olahraga tahunan yang didirikan Harry pada tahun 2014 untuk prajurit dan wanita yang terluka dan sakit. 

Pasangan itu kemudian kembali ke London untuk upacara penghargaan untuk badan amal WellChild.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Acara Jubilee

Harry dan Meghan mundur dari tugas kerajaan dan pindah ke AS pada awal 2020.

Mereka kembali ke Inggris pada Juni untuk perayaan akhir pekan yang panjang merayakan 70 tahun ratu di atas takhta, meskipun mereka tidak menjadi pusat perhatian dan tidak disertakan dalam kelompok kecil bangsawan yang berpose untuk foto dengan ratu di balkon Istana Buckingham.

Kontroversi Megxit ternyata masih menyisakan kontroversi di benak rakyat Inggris. Terbukti, Pangeran Harry dan Meghan Markle disoraki keras oleh para rakyat Inggris di acara peringatan 70 tahun masa kekuasaan Ratu Elizabeth II alias Platinum Jubilee. 

Sorakan terhadap Harry dan Meghan terjadi ketika pasangan itu beranjak St. Paul's Cathedral, Jumat (3/6).

Pangeran Harry sempat mengobrol dulu dengan sepupunya, Zara dan Peter (anak-anak Putri Anne), kemudian ia menuruni tanda katedral untuk menuju mobil. Awalnya terdengar tepuk tangan sukacita, kemudian mulai terdengar sorakan kesal dari para rakyat Inggris.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Proses Platinum Jubilee

Proses Platinum Jubilee ini berlangsung meriah di Inggris. Ada banyak acara simbolis menarik untuk merayakan 70 tahun masa kekuasaan Ratu Elizabeth II. Tahun ini, Ratu Elizabeth II dan ditemani suaminya, Philip, yang tutup usia pada April 2021.

Meghan Markle menuai kontroversi karena menuding ada anggota keluarga kerajaan Inggris yang bersikap rasis ke anaknya yang baru lahir. Meghan menyebut hal itu dalam acara bersama Oprah Winfrey. Ia tak mengungkap siapa sosok yang rasis tersebut, sehingga rumor bermunculan.

Usai menikah dengan Meghan Markle, Pangeran Harry secara resmi memutuskan untuk berhenti melaksanakan tugas-tugas kerajaan. Namun, ia masih bisa mewarisi takhta kerajaan Inggris. 

Saat ini, Pangeran Harry berada di urutan keenam. Dua anak Pangeran Harry, Archie dan Lilibet, berada di urutan ketujuh dan kedelapan untuk mewarisi takhta Inggris. 

4 dari 4 halaman

Dijemput Mobil Anti-Peluru

Pasangan Sussex disebut tiba secara rahasia menggunakan pesawat jet pribadi pada Rabu, 1 Juni 2022. Mereka lalu disambut tiga petugas penjaga Ratu. Sebuah mobil anti-peluru juga dikirimkan nenek Pangeran Harry itu untuk mengangkut keluarga tersebut dari Bandara Farnborough, Hants, ke Frogmore Cottage di Windsor.

"Sang ratu meyakini itu hal yang benar yang harus dilakukan," ucap seorang sumber, dikutip dari laman The Sun.

Keluarga Harry dan Meghan diduga masuk ke bagian belakang mobil Volkswagen berkaca gelap. Mereka bepergian tanpa rombongan besar mereka atau staf senior dari lembaga amal Archewell mereka.

Kru kamera dari Netflix, yang dikatakan merekam pasangan itu di rumah mereka yang bernilai 11 juta poundsterling di Montecito, juga tidak ikut dalam perjalanan tersebut. Mobil yang ditumpangi mereka tanpa pengawalan polisi itu lalu mengarah ke Windsor setelah 40 menit mengemudi. Di sana, mereka akan menginap di Frogmore Cottage yang sewanya telah diperpanjang setahun ke depan. 

Sementara, Ratu Inggris yang berusia 96 tahun itu dijadwalkan tampil di balkon Istana Buckingham untuk menikmati pertunjukan terbang bebas RAF, angkatan udara Inggris, menandai rangkaian perayaan Platinum Jubilee-nya. Namun, dia tidak akan menghadiri Trooping the Color bersama Meghan dan Harry, tempat Pangeran Charles akan memberi penghormatan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS