Sukses

21 Mei 1904: Hari Lahir FIFA, Awalnya Punya 7 Anggota

Liputan6.com, Jakarta - 21 Mei 1904 adalah hari lahir dari Federation Internationale de Football Association (FIFA). Federasi ini adalah yang mengatur kompetisi sepak bola di dunia, termasuk Piala Dunia.

Awalnya, FIFA hanya punya tujuh anggota asosiasi: Belgia, Denmark, Prancis, Spanyol, Swedia, dan Swiss. Salah satu tujuan FIFA adalah memperkuat hubungan bersahabatan antar Asosiasi Nasional, Konfederasi, serta para pemainnya.

Menurut situs US Soccer, Jumat (20/5/2022), tokoh pencetus FIFA adalah seorang jurnalis Prancis bernama Robert Guerin. Para anggota pendiri lantas dikumpulkan di Paris untuk membahas isu olahraga.

Guerin lantas menjadi presiden pertama FIFA. Ia menjabat dari 1904-1906.

Anggota FIFA kini sudah menjadi 209, sehingga menyaingin keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Tak heran jika FIFA dianggap sebagai orgnisasi olahraga paling prestisius di dunia.

Dalam situs resminya, FIFA kini berkomitmen untuk menjadi sepak bola sebagai suatu hal global.

"FIFA yang baru memodernisasi sepak bola agak jadi global, aksesibel, dan inklusif di segala aspek. Tak hanya pada satu atau dua benua, tetapi di segala tempat," tulis FIFA di situs resminya

Pemimpin FIFA saat ini adalah Gianni Infantino dari Italia yang terpilih pada 2016. Wakilnya adalah Sheik Salman bin Ibrahim Al Khalifa dari keluarga kerajaan Bahrain.

Infantino terpilih usai Kongres FIFA mengadakan Kongres Luar Biasa usai terjadinya skandal korupsi. Pemimpin sebelumnya, Joseph Blatter, akhirnya dicekal dari FIFA oleh Komite Etik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Emtek Jadi Official Broadcaster Piala Dunia Qatar 2022

Gelaran FIFA World Cup atau Piala Dunia FIFA pertama di Timur Tengah dan Dunia Arab akan dimulai pada 21 November 2022. Qatar menjadi tuan rumah ajang tersebut.

Dalam ajang ini, Emtek Group menjadi official broadcaster World Cup Qatar 2022 di Indonesia. Emtek Group akan menyiarkan pertandingan Piala Dunia sepakbola empat tahunan itu.

Saat itu, tim nasional terbaik dunia bertemu di Qatar. Turnamen ini tidak akan seperti yang lain, menawarkan kesempatan kepada penggemar untuk menemukan budaya negara tuan rumah, dan kesempatan untuk menghadiri lebih dari satu pertandingan per hari selama penyisihan grup.

"Kami akan menikmati kebersamaan di satu tempat," kata Presiden FIFA Gianni Infantino seperti dikutip dari situs resmi FIFA, Rabu (15/3). 

"Fans akan disuguhi sepak bola kelas atas di delapan stadion canggih. Kami menantikan kesempatan untuk menyatukan orang-orang dari latar belakang yang berbeda," imbuh Gianni Infantino.

"Apa yang saya lihat di sini adalah negara yang bersiap untuk menyambut seluruh dunia, dan setiap penggemar, tetapi juga melihat di mana perbaikan diperlukan dan mengambil langkah nyata untuk melakukannya di berbagai bidang, terutama yang berkaitan dengan hak asasi manusia dan hak kesejahteraan pekerja."

3 dari 4 halaman

Jadwal Piala Dunia 2022 di Qatar

Pesta sepak bola termegah di muka bumi itu berlangsung di Qatar pada akhir tahun, tepatnya 21 November hingga 18 Desember 2022.

Pengumuman resmi disampaikan dalam jumpa pers yang berlangsung di SCTV Tower Lt 9, Senayan, Jakarta, Selasa (15/3). Acara ini juga diikuti berbagai media lewat teleconference via Zoom.

Sebagai pemegang hak siar, Emtek bakal menghadirkan pertandingan-pertandingan Piala Dunia Qatar 2022 melalui stasiun televisi Indosiar, SCTV, O Channel, Mentari TV dan live streaming Vidio. Juga di Nex Parabola dan Champions TV. Berita-berita terbaru seputar turnamen akbar empat tahunan tersebut juga bisa didapatkan melalui bola.liputan6.com. 

"SCTV dan Indosiar akan menjadi jangkar bagi siaran Piala Dunia 2022. Pertandingan pertama hingga final akan berlangsung di SCTV dan Indosiar tayang dari perempat final. Sementara untuk Mentari TV dan O Channel akan menayangkan pertandingan  bergantian," kata Managing Director Emtek Group, Sutanto Hartono.

Kepada wartawan, Sutanto mengatakan pihaknya sangat bangga mendapat kepercayaan sebagai pemegang hak siar Piala Dunia Qatar. 

"Sejarah baru, karena Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Perbedaan waktu yang tidak terlalu besar dengan Indonesia, membuat jam tayang Piala Dunia 2022 berada di waktu yang strategis bagi Indonesia," jelas Sutanto. 

4 dari 4 halaman

32 Tim

Piala Dunia Qatar 2022 sendiri bakal diikuti oleh 32 tim. Pertandingan akan berlangsung di delapan venue di lima kota yang ada di Qatar. Ini menjadi Piala Dunia pertama yang digelar di negara Arab.

Berbeda dari edisi sebelumnya yang digelar di musim panas, FIFA sengaha menggeser Piala Dunia 2022 ke akhir tahun. Hal ini guna mengurangi dampak suhu panas yang ekstrem di Timur Tengah.

Sebagai tuan rumah, Qatar mendapat kesempatan lolos ke putaran final. Sementara juara bertahan Prancis dipastikan bakal terbang ke Qatar setelah berhasil melewati babak kualfikasi dengan mulus. Piala Dunia 2022 juga akan diramaian oleh timnas Belanda yang sempat absen di Piala Dunia Rusia.

Bukan kali ini saja Emtek Group terlibat dalam event olahraga akbar dalam maupun luar neegeri. Sebelumnya, Emtek Group melalu berbagai unit usahanya sudah dipercaya menayangkan siaran langsung Liga Champions, Olimpiade, Asian Games, hingga turnamen sepak bola BRI Liga 1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.