Sukses

Alasan Mobil Pemadam Kebakaran Berwarna Merah

Liputan6.com, Jakarta - Melihat truk pemadam kebakaran membunyikan sirene di jalan dapat mengingatkan banyak hal.

"Di mana apinya?"

"Saya harap itu bukan rumah saya."

Sampai akhirnya bertanya-tanya, "mengapa truk pemadam kebakaran berwarna merah?" bermunculan sesekali.

Meskipun merah tidak diragukan lagi menarik perhatian, kebanyakan orang memilih truk pemadam kebakaran karena sirene dan lampu yang berkedip: Anda akan mendengarnya jauh sebelum Anda melihatnya.

Jadi mengapa truk pemadam kebakaran berwarna merah?

Menurut para ahli otomotif di J.D. Power, seperti dikutip dari Mental Floss, Kamis (19/5/2022), ia mengatakan bahwa sejarah dipenuhi dengan teori.

Sebelum munculnya mobil, peralatan pemadam kebakaran dipasang di gerobak atau gerbong yang ditarik kuda. Gerobak ini, yang telah diubah fungsinya dari pertanian, sering dicat merah di bagian bawah gerbongnya karena merah adalah warna yang murah.

Selain itu karena sering menyembunyikan kotoran dan puing-puing dari jalan. Ketika pemadam kebakaran mengadopsi gerobak, mereka juga mengadopsi skema cat mereka ke truk pemadam kebakaran.

Tapi itu tidak menjelaskan bagaimana truk pemadam kebakaran dengan mesin dihiasi dengan warna merah juga. Teori lain yang lebih kredibel menegaskan bahwa pionir otomotif Henry Ford banyak terlibat dengannya. Pada awal abad ke-20, Ford Model T adalah kendaraan paling populer di jalan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Warna Hitam Populer

Antara tahun 1914 dan 1925, tersedia dalam satu warna—hitam. Ketika truk pemadam kebakaran turun ke jalan, masuk akal untuk mengecatnya dengan warna merah agar menonjol dari armada kendaraan perusahaan.

Studi telah dilakukan dengan melihat berbagai skema warna untuk kendaraan darurat, seringkali dengan hasil yang kontras.

Meskipun ada beberapa alasan berbeda mengapa truk pemadam kebakaran awalnya dicat merah, truk pemadam kebakaran tetap berwarna merah hanya karena akan sulit untuk melupakan asosiasi kita bahwa merah dengan masalah urgensi.

Kebetulan, ada perbedaan antara mobil pemadam kebakaran dan truk pemadam kebakaran. Mobil pemadam kebakaran biasanya mengangkut air dalam jumlah besar untuk memadamkan api sampai hidran diakses, sementara truk pemadam kebakaran membawa tangga dan peralatan pendukung lainnya.

3 dari 4 halaman

Hanya Biru, Merah, Hijau dan Hitam, Ini Alasan Mengapa Paspor Cuma Ada 4 Warna

Paspor yang dipegang warga sipil di seluruh dunia hanya ada empat warna yaitu biru, merah, hijau dan hitam. Anda mungkin berasumsi bahwa ini terjadi karena ada peraturan yang mengatur warna paspor mana yang bisa digunakan.

Namun, dikutip dari laman Mentalfloss.com, Jumat (1/3/2022), sebenarnya tidak ada aturan resmi yang digunakan sebuah negara.

Faktanya, tidak ada aturan tentang seperti apa paspor seharusnya -- hanya saran. Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) membuat rekomendasi tentang jenis huruf, ukuran jenis, dan font dalam panduan mereka untuk dokumen perjalanan yang dapat dibaca mesin (MRTD), kategori yang mencakup paspor.

Namun, ada beberapa peraturan keras dan cepat dalam dokumen ini: Paspor harus terbuat dari bahan yang tertekuk (tidak kusut) dan tetap dapat dibaca mesin pada suhu mulai dari 14 hingga 122 derajat Farenheit dan pada kelembaban udara relatif mulai dari 5 hingga 95 persen.

Meskipun paspor hanya ada dalam empat warna ini, ada banyak variasi dalam hal warna sebenarnya. Banyak negara memilih warna biru, merah, dan hijau yang lebih gelap. Negara memilih warna-warna sederhana dan gelap ini karena terlihat resmi.

Pink milenial tidak akan terlihat sangat birokratis. Warna gelap juga cenderung menunjukkan paspor tak mudah kotor.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

4 Fakta Unik dan Tak Terduga di Balik Warna

Menurut jurnal yang diterbitkan Management Decision berjudul "Impact of color on marketing", dalam waktu 90 detik manusia mengambil keputusan tentang siapa dan produk apa yang pertama kali dilihat. Kemudian sekitar 62% hingga 90% dari pendapat itu hanya didasarkan pada warna.

Hal tersebut adalah sebab dari beberapa perusahaan menggunakan warna dalam kemasan, logo, dan toko mereka untuk memengaruhi keputusan tiap orang, seperti dikutip dari brightside.me, Rabu (22/4/2020). 

Namun warna juga kadang-kadang bisa memiliki peran pada psikologi kita bahkan lebih.

Berikut ini beberapa fakta unik mengenai warna, mulai dari penggunaan pada gender hingga pengaruh psikologi.

Selengkapnya di sini...