Sukses

8 Mei 1984: Imbas Perang Dingin, Uni Soviet Umumkan Boikot atas Olimpiade

Mengklaim bahwa atletnya tidak akan aman dari protes dan kemungkinan serangan fisik, Uni Soviet mengumumkan bahwa mereka tidak akan bersaing di Olimpiade 1984 di Los Angeles, AS.

Liputan6.com, Moskow - Mengklaim bahwa atletnya tidak akan aman dari protes dan kemungkinan serangan fisik, Uni Soviet mengumumkan bahwa mereka tidak akan bersaing di Olimpiade 1984 di Los Angeles.

Terlepas dari pernyataan Soviet, jelas bahwa boikot itu adalah tanggapan terhadap keputusan Amerika Serikat untuk memboikot Olimpiade1980 yang sebelumnya diadakan di Moskow, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (8/5/2022).

Hanya beberapa bulan sebelum Olimpiade 1984 akan dimulai di Los Angeles, pemerintah Soviet mengeluarkan pernyataan yang mengklaim:

"Hal ini diketahui dari hari-hari pertama persiapan untuk Olimpiade saat ini pemerintah Amerika telah berusaha untuk menetapkan arah menggunakan Olimpiade untuk tujuan politiknya. Sentimen chauvinistik dan histeria anti-Soviet sedang dicambuk di negara ini."

Para pejabat Rusia melanjutkan dengan mengklaim bahwa protes terhadap atlet Soviet kemungkinan akan pecah di Los Angeles dan bahwa mereka meragukan apakah para pejabat Amerika akan mencoba untuk menahan ledakan seperti itu.

Pemerintahan Presiden Ronald Reagan menanggapi tuduhan ini dengan menyatakan bahwa boikot Soviet adalah "keputusan politik terang-terangan yang tidak ada pembenaran nyata."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah Soviet Diikuti oleh 13 Negara Komunis

Pada hari-hari setelah pengumuman Soviet, 13 negara komunis lainnya mengeluarkan pernyataan serupa dan menolak untuk menghadiri pertandingan.

Soviet, yang telah disengat oleh penolakan AS untuk menghadiri pertandingan 1980 di Moskow karena intervensi Rusia di Afghanistan pada tahun 1979, membalikkan keadaan dengan memboikot pertandingan 1984 di Amerika.

Dampak diplomatik dari tindakan itu cukup kecil. Dampak pada permainan itu sendiri, bagaimanapun, sangat besar.

Tanpa persaingan dari Uni Soviet, Jerman Timur, dan negara-negara komunis lainnya, Amerika Serikat menyapu rekor Olimpiade 83 medali emas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini