Sukses

Kasus COVID-19 29 Maret 2022: 8,8 Juta Kasus di Korsel dalam 28 Hari

Kasus COVID-19 di Korsel masih terhitung tinggi.

Liputan6.com, Seoul - Selama 28 hari terakhir, kasus COVID-19 di Korea Selatan mencapai 8,8 juta. Angka virus corona berdasarkan data Johns Hopkins University, Selasa (29/3/2022).

Berikut lima negara dengan infeksi COVID-19 tertinggi dalam 28 hari terakhir: 

1. Korea Selatan: 8,8 juta kasus baru

2. Vietnam: 5,6 juta

3. Jerman: 4,7 juta

4. Prancis: 2,3 juta

5. Inggris: 1,9 juta 

Total kasus COVID-19 di seluruh dunia mencapai 482,2 juta kasus virus corona. Selama 28 hari terakhir, ada 45,1 juta. 

Rusia yang sedang menyerang Ukraina masih berada di 10 besar kasus baru tertinggi. Begitu pula Jepang dengan 1,4 juta kasus selama 28 hari terakhir.

Sementara, Amerika Serikat kini tidak lagi berada di 10 besar kasus baru COVID-19 terbanyak di dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Shanghai Lockdown

Warga Shanghai tengah dilanda kepanikan akibat penerapan lockdown COVID-19. Mereka panic buying, berbelanja bahan makanan di supermarket.

Perebutan barang tak bisa dihindari, lorong-lorong supermarket dipenuhi pembeli yang panik, dan rak-rak kosong dari makanan.

Laporan CNN yang dikutip Selasa (29/3/2022) menyebut, video yang diposting ke media sosial hari Minggu menunjukkan adegan kacau meletus di Shanghai setelah pihak berwenang mengumumkan sebagian kota akan memasuki lockdown skala besar untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

Lockdown dua fase - yang membuat bagian timur kota ditutup pada pukul 05.00 pagi mulai Senin 28 Maret selama empat hari pengujian massal, dengan bagian barat menyusul pada Jumat 25 Maret - terjadi ketika Shanghai muncul sebagai pusat baru wabah COVID-19 terburuk di China dalam dua tahun, melaporkan rekor 3.500 kasus pada hari Minggu 27 Maret.

Ini adalah pertama kalinya tindakan ketat seperti itu diluncurkan di kota berpenduduk 25 juta jiwa, jantung keuangan negara itu dan pusat kota paling kosmopolitan dan progresif, ketika Partai Komunis yang berkuasa mengejar kebijakan "nol-COVID" untuk membasmi semua infeksi.

Pihak berwenang Shanghai sebelumnya bersikeras bahwa kota itu tidak akan melakukan lockdown, melangkah lebih jauh dengan menyelidiki individu untuk "informasi yang dibuat-buat" yang menyarankan sebaliknya. Sebaliknya, pihak berwenang menerapkan sistem "slice-and-grid" yang menutup kompleks perumahan secara bergilir sementara penduduk diuji.

Tetapi pada hari Minggu pemerintah setempat mengambil langkah lebih jauh dan mengumumkan lockdown timur-barat, menguji kesabaran penduduk yang telah mengalami penguncian skala kecil. Beberapa bertanya mengapa kota tidak mengambil tindakan yang lebih luas sebelumnya.

"Lockdown kota penuh akan menghemat banyak waktu dan infeksi ... (termasuk) trauma psikologis berada di bangsal COVID," seorang penduduk di Distrik Pudong timur bermarga Li mengatakan kepada CNN.

Peralihan itu juga menghancurkan harapan bahwa metode Shanghai akan memberikan model yang tidak terlalu mengganggu untuk kebijakan "nol-COVID" China, pada saat Beijing telah meminta para pemimpin lokal untuk meminimalkan gangguan pada ekonomi dan kehidupan sehari-hari.

Tetapi melakukan itu sambil dimintai pertanggungjawaban atas virus apa pun yang menyebar di bawah "nol-COVID" seperti diminta untuk mencapai "tujuan yang bertentangan," menurut Yanzhong Huang, seorang rekan senior untuk kesehatan global di Dewan Hubungan Luar Negeri di New York."

Pada akhirnya pejabat pemerintah daerah tidak punya pilihan selain melakukan pendekatan berat ini untuk menyelesaikan sesuatu dalam keadaan seperti ini," katanya.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.