Sukses

23 Januari 1957: Pertama Kalinya Frisbee, Mainan Piring Terbang Diperkenalkan ke Dunia

Pada tanggal 23 Januari 1957, mesin di perusahaan mainan Wham-O meluncurkan batch pertama cakram plastik aerodinamis mereka - sekarang dikenal jutaan penggemar di seluruh dunia sebagai Frisbees.

Liputan6.com, Connecticut - Pada tanggal 23 Januari 1957, mesin di perusahaan mainan Wham-O meluncurkan gelombang pertama cakram plastik aerodinamis mereka - sekarang dikenal jutaan penggemar di seluruh dunia sebagai Frisbee.

Kisah Frisbee dimulai di Bridgeport, Connecticut, di mana William Frisbie membuka Frisbie Pie Company pada tahun 1871, demikian seperti dikutip dari History, Minggu (23/1/2022).

Siswa dari universitas terdekat akan melemparkan kaleng pai kosong satu sama lain, berteriak "Frisbie!" saat mereka melepaskannya.

Pada tahun 1948, Walter Frederick Morrison dan rekannya Warren Franscioni menemukan versi plastik dari cakram yang disebut "Flying Saucer" yang bisa terbang lebih jauh dan lebih akurat daripada piring pai timah.

Setelah berpisah dengan Franscioni, Morrison membuat model yang lebih baik pada tahun 1955 dan menjualnya ke perusahaan mainan baru Wham-O sebagai "Pluto Platter" – upaya untuk menguangkan kegemaran publik atas ruang angkasa dan Unidentified Flying Objects (UFO).

Pada tahun 1958, setahun setelah rilis pertama mainan, Wham-O - perusahaan di belakang top-seller seperti Hula-Hoop, Super Ball dan Water Wiggle - mengubah namanya menjadi disk Frisbee, yang entah sengaja atau tidak, salah mengeja nama perusahaan pai bersejarah.

Seorang desainer perusahaan, Ed Headrick, mematenkan desain untuk Frisbee modern pada bulan Desember 1967, menambahkan sekelompok punggungan yang terangkat di permukaan cakram – yang disebut Rings – untuk menstabilkan penerbangan.

Dengan agresif memasarkan Frisbee-playing sebagai olahraga baru, Wham-O menjual lebih dari 100 juta unit mainannya yang terkenal pada tahun 1977.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Olahraga Baru

Siswa SMA di Maplewood, New Jersey, menemukan Ultimate Frisbee, persilangan antara sepak bola, sepak bola dan bola basket, pada tahun 1967.

Pada 1970-an, Headrick sendiri menemukan Frisbee Golf, di mana cakram dilempekan ke keranjang logam; sekarang ada ratusan kursus di AS, dengan jutaan penggemar.

Ada juga Freestyle Frisbee, dengan rutinitas koreografi diatur ke musik dan beberapa disk dalam permainan, dan berbagai kompetisi Frisbee untuk manusia dan anjing - pemain Frisbee alami terbaik.

Saat ini, setidaknya 60 produsen memproduksi cakram terbang — umumnya terbuat dari plastik dan berukuran sekitar 20-25 sentimeter (8-10 inci) dengan diameter dengan bibir melengkung.

Frisbee resmi dimiliki oleh Mattel Toy Manufacturers, yang membeli mainan dari Wham-O pada tahun 1994.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini