Sukses

CDC Amerika Serikat Minta Warga Lakukan Hal Ini Jika Terjadi Gempa Bumi

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan sejumlah hal ini dilakukan saat gempa terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Wilayah DKI Jakarta diguncang gempa, Jumat (14/1/2022). Peristiwa terjadi sekitar pukul 16.05 WIB.

Sejumlah warga yang merasakan guncangan gempa Banten yang cukup kuat langsung berhamburan keluar dari rumah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa pada koordinat 7.01 LS, 105.26 BT atau 52 km Barat Daya Sumur, Banten.

Gempa ini juga terdeteksi di Google Maps. Titik gempat berada di selatan Taman Ujung Kulon, Banten, dengan tulisan magnitudo 6,7.

Selain itu, sejumlah media asing turut memberitakan gempa bumi yang juga dirasakan di Jakarta.

Masyarakat perlu tahu, apa yang mesti dilakukan jika gempa terjadi. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar terlebih dahulu tidak panik.

Setelah itu, barulah melakukan sejumlah hal berikut:

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

CDC Sarankan Lakukan Ini

- Lindungi kepala dan leher dengan buku besar, bantal, atau lengan Anda. Tujuannya adalah untuk mencegah cedera akibat jatuh atau dari benda yang mungkin menghantam kepala.

-Jika memungkinkan, carilah perlindungan di bawah meja atau meja yang kokoh.

- Jauhi dinding luar, jendela, perapian, dan benda gantung.

- Jika Anda tidak dapat bergerak dari tempat tidur atau kursi, lindungi diri Anda dari benda jatuh dengan menutupinya dengan selimut dan bantal.

- Jika Anda berada di luar, pergilah ke tempat terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan, dan tetaplah di sana.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Gempa Terbesar di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.