Sukses

Gunung Semeru Meletus Jadi Sorotan Media Asing

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Semeru di Jawa Timur kembali meletus pada Sabtu (4/12/2021) pada pukul 15.00 WIB. 

Sejumlah media asing pun ikut menyorot meletusnya Gunung Semeru ini. 

Media asal Inggris yakni Mirror dan Independent menulis berita ini dengan judul "Indonesia volcano erupts sending ash '40,000ft into sky' as locals flee."

"Sebuah letusan gunung berapi di Indonesia telah mengirimkan abu dan asap terbang 40.000 kaki di udara," tulis artikel tersebut. 

Sementara itu, media asing lain yang ikut menyorot hal ini adalah Express dan Daily Star. 

Keduanya melaporkan dengan tajuk "Erupsi Gunung Semeru: Orang-orang melarikan diri saat gunung berapi meletus dan 'hujan abu turun dari langit."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Korban Jiwa

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur, Budi Santosa mengungkapkan, masih belum terdapat korban jiwa dalam peristiwa erupsi Gunung Semeru yang terjadi di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

"Korban nihil dan dampak dari peristiwa itu masih dalam pendataan," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Surabaya, Sabtu (4/12/2021).

Budi menceritakan, berdasarkan pantauan dilapangan, fenomena alam erupsi Gunung Semeru itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB.

"Terjadi peningkatan Aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai Awan Panas Guguran. Warga Diimbau menjahui daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," ucapnya.

Selengkapnya di sini...

3 dari 3 halaman

Infografis Ancaman dan Bahaya Letusan Gunung Semeru: