Sukses

4 Bulan Diculik Kelompok Bersenjata, 30 Mahasiswa Nigeria Akhirnya Dibebaskan

Kelompok bersenjata akhirnya membebaskan 30 mahasiswa setelah diculik 4 bulan.

Liputan6.com, Abuja - 30 siswa yang menjadi korban penculikan kelompok kriminal sejak lebih dari empat bulan lalu di barat laut Nigeria, kini telah dibebaskan, kata pemerintah setempat. Lebih dari 1.000 siswa telah diculik sejak Desember di negara terpadat di Afrika oleh orang-orang bersenjata berat yang dikenal secara lokal sebagai bandit. 

"Hari ini 30 siswa dari Federal Government College, Birnin Yauri telah tiba di Birnin Kebbi, Ibu Kota Negara Bagian Kebbi setelah pembebasan mereka," kata juru bicara pemerintah lokal Yahaya Sarki dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari laman AFP, Jumat (22/10/2021).

Tidak jelas apakah uang tebusan telah dibayarkan. Orang-orang bersenjata menyerang Federal Government College di Kebbi pada 17 Juni. Polisi mengatakan pada saat itu bahwa orang-orang bersenjata membunuh seorang petugas keamanan dan melukai seorang siswa, tetapi menolak untuk mengatakan berapa banyak yang diculik.

"Upaya masih terus dilakukan untuk mengamankan pembebasan (siswa) yang tersisa," kata Sarki. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Serang Mahasiswa

Menurut penduduk setempat, para penyerang menembak dan melukai lima orang, termasuk empat mahasiswa.

Mereka juga menggeledah asrama dan merusak barang-barang pribadi siswa.

Kelompok kriminal negara itu telah lama menargetkan negara bagian tengah dan barat laut, menyerbu desa, mencuri ternak, dan menculik untuk tebusan.

Tetapi mereka semakin menargetkan sekolah, menculik siswa atau anak sekolah dan menggiring mereka ke persembunyian hutan untuk menegosiasikan pembayaran uang tebusan.

Sebagian besar siswa dibebaskan setelah berminggu-minggu atau terkadang berbulan-bulan di tempat penculikan.

3 dari 3 halaman

Infografis Ayo Jangan Ragu, Vaksin Covid-19 Dipastikan Aman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini