Sukses

16 Oktober 1923: Walt Disney Didirikan Untuk Pertama Kali

Liputan6.com, Sacramento - Pada 16 Oktober 1923, Walt Disney dan saudaranya, Roy, mendirikan Disney Brothers Cartoon Studio di Hollywood, California. Studio yang saat ini lebih dikenal sebagai Walt Disney Company memiliki dampak besar terhadap industri hiburan dan menjadi salah satu perusahaan media terbesar di dunia.

Dilansir dari laman History, Sabtu (16/10/2021), seorang seniman berbakat sejak dini, Walt Disney menggambar kartun-kartun untuk berbagai publikasi dan menjadi tertarik pada animasi sel saat bekerja di Perusahaan Iklan Film Kansas City.

Setelah Laugh-O-Gram Studio miliknya bangkrut pada tahun 1923, Walt pindah ke Los Angeles, tempat Roy pulih dari tuberkulosis.

Ketika di sana, ia akhirnya menjual film pendek yang diproduksi oleh Laugh-O-Gram, Alice's Wonderland, dan menandatangani kontrak untuk membuat enam film lagi. Untuk memproduksi serial tersebut, kedua saudara itu mendirikan perusahaan mereka dan membujuk baik Virginia Davis, yang memerankan Alice, dan kolaborator mereka Ub Iwerks untuk bergabung dengan mereka di Hollywood.

Usai sukses dengan Alice Comedies dan serial berdasarkan karakter bernama Oswald the Lucky Rabbit, Disney mulai mengerjakan kreasinya yang paling terkenal.

Dengan dirilisnya  Steamboat Willie tahun 1828, dunia mulai diperkenalkan dengan karakter Mickey Mouse, salah satu karakter yang paling dikenal dalam sejarah.

Popularitas celana pendek Mickey Mouse meyakinkan Disney bahwa studionya dapat memproduksi film layar lebar, yang mulai ia lakukan pada tahun 1934. Proyek tersebut, yang oleh sebagian orang dijuluki "Disney's Folly," melampaui anggaran 400 persen dan membutuhkan lebih dari 300 animator, seniman, dan asisten, tetapi Putri Salju dan Tujuh Kurcaci sukses besar ketika debutnya tepat sebelum Natal 1937.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Mulai Membuka Taman Hiburan

Sejak saat itu, perusahaan Walt Disney telah menghasilkan lusinan film yang inovatif dan diakui. Perusahaan tersebut telah berkembang menjadi perusahaan induk untuk semua jenis properti media dan hiburan.

Walt Disney mulai membuka taman hiburan di seluruh dunia pada 1955 dan mengakusisi lusinan perusahaan tahun 90-an dan 2000-an.

Disney sekarang memiliki dan mengoperasikan ABC, ESPN, Pixar, Marvel Studios, dan Lucasfilm.

Perusahaanyang dimulai dari segelintir animatro yang  membuat kartun anak-anak sekarang adalah salah satu perusahaan yang paling ikonik di dunia.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio