Sukses

AS Rombak Definisi Astronaut pada Hari yang Sama Saat Jeff Bezos ke Antariksa

Liputan6.com, D.C - Dalam sebuah langkah untuk merespons aksi para miliarder penjelajah angkasa luar, Amerika Serikat akan merombak definisinya tentang astronaut.

Aturan baru Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA) mengatakan bahwa astronaut harus menjadi bagian dari kru penerbangan dan memberikan kontribusi untuk keselamatan penerbangan ruang angkasa, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (25/7/2021).

Itu berarti Jeff Bezos dan Sir Richard Branson mungkin belum menjadi astronaut di mata pemerintah AS.

Ini adalah perubahan pertama sejak program sayap astronaut FAA dimulai pada tahun 2004.

Pembaruan program Sayap Astronaut Komersial diumumkan pada hari Selasa 20 Juli 2021 --pada hari yang sama ketika bos Amazon itu terbang di atas roket Blue Origin ke tepi angkasa luar, lapor BBC.

Untuk memenuhi syarat sebagai astronaut komersial, pengunjung ruang angkasa harus melakukan perjalanan 50 mil (80km) di atas permukaan Bumi, yang dicapai oleh Bezos dan Branson.

Tetapi selain ketinggian, agensi mengatakan calon astronaut juga harus "menunjukkan kegiatan selama penerbangan yang penting bagi keselamatan publik, atau berkontribusi pada keselamatan penerbangan ruang angkasa manusia."

Apa yang sebenarnya dihitung seperti itu ditentukan oleh pejabat FAA.

Dalam sebuah pernyataan, FAA mengatakan bahwa perubahan ini membawa program sayap lebih sejalan dengan perannya untuk melindungi keselamatan publik selama penerbangan ruang komersial.

Pada 11 Juli, Sir Richard terbang di atas kapal Virgin Galactic's SpaceShipTwo ke tepi ruang sebagai ujian sebelum memungkinkan pelanggan naik tahun depan.

Bezos dan tiga awak lainnya yang terbang di pesawat ruang angkasa Blue Origin mungkin memiliki lebih sedikit klaim untuk titel astronaut yang mentereng itu.

Menjelang peluncuran, CEO Blue Origin Bob Smith mengatakan bahwa "benar-benar tidak ada yang bisa dilakukan anggota kru" pada kendaraan otonom.

Mereka yang berharap untuk sayap komersial perlu dinominasikan untuk hal itu juga --alias tidak serta merta bisa tersemat dengan sendirinya. Seorang juru bicara FAA mengatakan kepada CNN mereka saat ini tidak sedang meninjau pengajuan apa pun.

 

2 dari 2 halaman

Dua Cara untuk Mendapatkan 'Sayap Astronaut'

Ada dua cara lain untuk mendapatkan sayap astronaut di AS - melalui militer atau badan antariksa NASA.

Sayap yang terlihat pada Mr Bezos dan Sir Richard mengikuti penerbangan mereka adalah pin yang dibuat khusus oleh perusahaan mereka sendiri.

Namun, secercah harapan tetap ada untuk Sir Richard, Mr Bezos dan setiap bintang masa depan berharap untuk diakui sebagai astronaut.

Orde baru mencatat bahwa penghargaan kehormatan dapat diberikan berdasarkan prestasi - atas kebijakan administrator asosiasi FAA.

Sayap astronaut pertama kali diberikan kepada astronaut Alan Shepard Jr dan Virgil Grissom pada awal 1960-an atas partisipasi mereka dalam program Mercury Seven.