Sukses

India Bakal Susul China Jadi Negara dengan Penduduk Terbanyak di Dunia

India yang berpenduduk 1,3 miliar itu kini sedang menghadapi gelombang migrasi warga desa ke kota-kota.

Liputan6.com, New Delhi - PBB menyebut India tengah menuju arah sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia pada tahun 2027, menyusul China. Kendati demikian, Negeri Bollywood itu juga sedang dilanda krisis perumahan.

Laporan VOA Indonesia yang dikutip Selasa (13/7/2021) menyebut bahwa India yang berpenduduk 1,3 miliar itu kini sedang menghadapi gelombang migrasi warga desa ke kota-kota. Hal itu terjadi dalam upaya mencari pekerjaan dan pendidikan yang lebih baik.

Namun, rumah yang harganya terjangkau masih menjadi masalah yang belum terselesaikan. Hal itu menyebabkan menjamurnya permukiman ilegal serta daerah-daerah kumuh.

Perumahan informal sering kali memiliki fasilitas sanitasi yang buruk, drainase yang tidak terencana, serta pasokan air minum dan listrik yang tidak menentu.

Menurut keterangan salah satu warga India bernama Bhupinder Kumar, ke depannya orang bisa saja menjadi kanibal.

"Dalam 20 tahun mendatang, orang-orang akan menjadi kanibal karena kurangnya pekerjaan dan rumah," kata warga yang tinggal di dekat sebuah permukiman di Delhi itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misi Rumah dari Pemerintah

Pemerintah India meluncurkan Misi Rumah bagi Semua pada tahun 2015, dengan menetapkan tenggat tahun 2022. Pemerintah ingin membangun 20 juta unit rumah di perkotaan dan 30 juta rumah di kawasan desa.

Negara bagian paling banyak penduduknya di India, Uttar Pradesh, baru-baru ini mengajukan legislasi yang bertujuan untuk mendorong kebijakan dua anak.

Berdasarkan usulan pemerintah negara bagian itu yang diungkapkan pada Sabtu 10 Juli lalu, pasangan suami istri dengan lebih dari dua anak tidak akan diizinkan menerima tunjangan atau subsidi pemerintah dan akan dilarang mendaftarkan diri untuk mendapatkan pekerjaan di pemerintah negara bagian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • PBB