Sukses

24 Juni 1983: Akhir Misi Angkasa Astronaut Perempuan Pertama AS Sally Ride

Terpilihnya Sally Ride menjadi astronaut sempat menjadi perhatian besar media di Negeri Paman Sam. Pasalnya, rekam jejak wanita ini bukanlah seorang ilmuwan atau astronom.

Liputan6.com, Jakarta - Sejarah mencatat hari ini bahwa astronaut perempuan pertama asal Amerika Serikat Sally Ride akhirnya kembali dengan selamat ke bumi. Sebelumya, ia berada di angkasa luar selama 6 hari.

Terpilihnya Ride menjadi astronaut, menjadi perhatian besar media di Negeri Paman Sam. Pasalnya, rekam jejak Ride bukanlah seorang ilmuwan atau astronom.

Perempuan itu lebih dikenal sebagai petenis. Ia tertarik menjelajah angkasa pada 1977, ketika melihat iklan di surat kabar terkait NASA.

Iklan itulah yang mengubah jalan hidup Ride. Dia lolos menjadi astronaut setelah melewati sekitar lebih dari 8 ribu pelamar.

Sebelum roket yang akan membawa Ride berangkat ke angkasa meluncur pertanyaan soal kenapa perempuan 32 tahun itu terpilih, terus mengalir.

Banyak pihak menduga, Ride dipilih hanya karena dia adalah calon astronaut perempuan.

Anggapan itu, segera direspons Komandan Penerbang Luar Angkasa AS Robert Crippen. Dia menyebut semua tuduhan itu tak benar.

"Dia dipilih untuk terbang murni karena kemampuannya bukan karena jenis kelaminnya," ujar Crippen, seperti dikutip dari History Channel.

"Dia dipilih untuk terbang karena dia adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu, tidak ada orang lain yang pantas untuk menjalankan tugas ini," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Misi STS-7

Ride di luar angkasa ada dalam misi STS-7. Selain dia, astronaut lain yang terlibat adalah Robert Crippen were Rick Hauck, John Fabian dan Dr Norman Thagard.

Ketika berada di angkasa luar, tugas dari Ride sama sekali tidak mudah. Dia tugaskan untuk menjadi pemantau kontrol dari stasiun luar angkasa.

Saat, mendarat ke Bumi, Ride dan 4 kru angkasa lainnya awalnya direncanakan mendarat di Florida. Namun, karena cuaca begitu berawan maka rencana pendaratan akhirnya dilakukan di Edwards Air Force Base di California.

Ride sendiri bukan perempuan pertama yang menjadi di astronaut. Sejarah mencatat, walau dia pertama di AS dirinya adalah wanita ketiga yang berada di angkasa luar.

Pada tanggal yang sama di 1956, Mesir akhirnya dipimpin Presiden baru yang berasal dari Militer adalah Gamal Abdul Nasir. Pria tersebut memimpin Mesir selama 12 tahun sebelum akhirnya digantikan Anwar Sadat.

Masih di tanggal 24 Juni, pesepak bola Lionel Messi lahir ke dunia. Pemain klub FC Barcelona ini merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah ada di dunia.    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.