Sukses

18 Juni 1960: Atlet Golf Arnold Palmer Memenangkan Gelar AS Terbuka

Liputan6.com, Denver - Pada 18 Juni 1960, dengan skor 65 pada hari terakhir, Arnold Palmer memenangkan AS Terbuka di Cherry Hills Country Club, Denver, Colorado, Amerika Serikat (AS).

Diktuip dari History, Kamis (17/6/2021), Palmer yang berasal dari Ligonier, Pennsylvania, AS,a dalah putra dari seorang pemain golf profesional di Latrobe Country Club di dekat Latrobe.

Ayahnya mengajarinya cara bermain golf selama jam istriahatnya karena Palmer belum diizinkan bermain saat ada anggota klub lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tutup Usia pada 2016

Berkat pelatihan ayahnya, Palmer memenangkan turnamen Amatir Nasional 1954 saat di Wake Forest College dan menjadi profesional setahun kemudian.

Palmer menarik bagi penggemar golf kerah biru karena memiliki latar belakang kelas pekerja di negara pabrik baja Penssylvania.

Pada turnamen Masters 1958, penonton Palmer penuh dengan kadet Angkatan Darat setempat dan massa "Arnie's Army" diciptakan untuk menggambarkan para penggemarnya di dalam dan di luar lapangan.

Tahun itu, Palmer memenangkan Masters -- memperkuat ketenaran golfnya di usia olahraga di mana televisi sedang berkembang.

Pada 1960, Palmer memenangkan Masters keduanya, yang memberinya momentum menuju AS Terbuka.

Namun, setelah tiga ronde, Palmer berada di urutan ke-15, tujuh pukulan di belakang Mike Souchak.

Ia mulai babak terakhir dengan empat birdie yang menakjubkan berturut-turut dalam perjalannya menghasilkan skor 30 -- sebuah skor rekor dalam sembilan hole pertama.

Hal itu menempatkannya dalam peringkat atas bersama Ben Hogan yang pada saat itu berusia 47 tahun, dan Jack Nicklaus.

Palmer akhirnya mengotak-atik empat hole terakhir dengan skor 35 dan menutup turnamen dengan total skor 65 -- menghasilkan kemenangan baginya di turnamen tersebut.

Palmer dinobatkan sebagai PGA Player of the year pada 1960, dan sekali lagi pada 1962.

Ia meninggal pada September 2016 di Pennsylvania di usia 87 tahun.

 

Reporter: Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini