Sukses

Menlu Arab Saudi-AS Bahas Gencatan Senjata Gaza Lewat Sambungan Telepon

Arab Saudi dan AS meninjau hubungan bilateral dan kemitraan strategis antara negara mereka, bersama dengan kerja sama dalam tantangan regional dan internasional.

Liputan6.com, Riyadh - Menteri luar negeri Arab Saudi dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat pada Kamis 27 Mei 2021 membahas kesepakatan gencatan senjata Israel-Palestina di Gaza.

Dalam panggilan telepon, Pangeran Faisal bin Farhan dan Antony Blinken meninjau hubungan bilateral dan kemitraan strategis antara negara mereka, bersama dengan kerja sama dalam tantangan regional dan internasional, demikian dikutip dari laman Arab News, Jumat (28/5/2021).

Para pejabat menyatakan dukungan mereka untuk gencatan senjata antara Israel, Hamas, dan pihak lain di Gaza.

Mereka juga membahas upaya untuk mengurangi risiko konflik lebih lanjut, kata Departemen Luar Negeri Arab Saudi.

Blinken juga mengemukakan pentingnya dukungan internasional untuk upaya kemanusiaan dan pembangunan di Gaza.

Seruan itu muncul setelah Menteri Luar Negeri AS mengakhiri tur Timur Tengah pada Kamis 27 Mei yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan gencatan senjata yang mengakhiri pertempuran terburuk dalam beberapa tahun antara Israel dan Hamas.

Dia mengunjungi Yerusalem, Ramallah, Kairo dan Amman selama turnya.

Menlu Arab Saudi juga menerima panggilan dari mitranya dari Yunani Nikos Dendias untuk membahas hubungan antara kedua negara dan cara untuk mengembangkan serta memperkuat berbagai bidang.

Mereka juga bertukar pandangan tentang sejumlah masalah yang menjadi kepentingan bersama.

Setelah panggilan telepon, Dendias mengatakan dalam tweet bahwa mereka "membahas Timur Tengah dan perkembangan di wilayah yang lebih luas."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dewan HAM PBB Selidiki Kekerasan selama Konflik Israel-Palestina

Dewan Hak Asasi Manusia PBB telah memilih untuk menyelidiki kekerasan dalam konflik baru-baru ini antara Israel dan Hamas.

Badan tersebut menyetujui resolusi, yang diajukan oleh sekelompok negara Islam, dengan 24 suara berbanding sembilan. Tetapi Amerika Serikat mengatakan keputusan itu mengancam akan membahayakan kemajuan dalam membawa ketenangan ke kawasan itu.

Mengutip BBC, setidaknya 242 orang tewas di Gaza dan 13 tewas di Israel selama 11 hari pertempuran sengit yang berakhir pada hari Jumat dengan gencatan senjata yang ditengahi Mesir.

Kekerasan itu terjadi setelah ketegangan Israel-Palestina selama berminggu-minggu yang meningkat di Yerusalem Timur yang diduduki yang berpuncak pada bentrokan di situs suci yang dihormati oleh Muslim dan Yahudi.

Hamas mulai menembakkan roket ke Israel setelah memperingatkannya untuk menarik diri dari situs tersebut, memicu serangan udara balasan dari Israel ke sasaran Gaza.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.