Sukses

Desainer Rancang Mata Ketiga Buatan, Bantu Berjalan dan Buka Ponsel Sekaligus

Seorang mahasiswa desain industri telah menciptakan mata ketiga berteknologi tinggi yang dapat ditempelkan di dahi seseorang dan melihat rintangan saat mereka berjalan, sementara mata asli mereka terpaku pada smartphone mereka.

Liputan6.com, Beijing - Seorang mahasiswa desain industri telah menciptakan mata ketiga berteknologi tinggi yang dapat ditempelkan di dahi seseorang dan melihat rintangan saat mereka berjalan, sementara mata asli mereka terpaku pada smartphone mereka.

Tidak dapat disangkal bahwa smartphone telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern. Sebagian besar penggunaan menghabiskan berjam-jam setiap hari menatap genggam kami, dan beberapa bahkan melakukannya saat kami berjalan atau mengemudi.

Anda mungkin telah melihat klip lucu orang jatuh ke air mancur atau lubang karena mereka melihat ponsel mereka, atau mungkin Anda benar-benar mengalami sesuatu yang serupa.

Nah, berkat Mata Ketiga Minwook Paeng, Anda akan dapat mengirim sms atau menelusuri Instagram saat berjalan, tanpa takut kecelakaan, demikian seperti dikutip dari Odditycentral, Sabtu (22/5/2021).

Mata Ketiga Paeng terdiri dari kotak plastik tembus pandang yang diperbaiki langsung ke dahi pemakainya dengan bantalan gel tipis.

Di dalam mata plastik ini ada speaker kecil, sensor giroskopis dan sensor sonar. Ketika giroskop mendeteksi ketika kepala pengguna bersudut ke bawah, ia membuka kelopak mata plastik mata dan sonar mulai memantau area di depan pengguna.

Ketika mendeteksi rintangan, ia memperingatkan pemakainya melalui speaker yang terhubung.

"Komponen hitam yang terlihat adalah sensor ultrasonik untuk merasakan jarak," kata desainer. "Ketika hambatan ada di depan pengguna, sensor ultrasonik mendeteksi ini dan memberi tahu pengguna melalui buzzer yang terhubung."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proyek Photo Sapiens

Paeng mengatakan kepada Dezeen bahwa Mata Ketiganya adalah yang pertama dalam serangkaian proyek yang mencoba membayangkan seperti apa generasi masa depan "phono sapiens" yang akhirnya terlihat.

Telepon sudah mengubah tubuh kita, dan mereka hanya ada selama beberapa dekade, jadi bayangkan apa yang bisa mereka lakukan dalam beberapa generasi.

"Dengan menggunakan smartphone dalam postur yang buruk, vertebra leher kami condong ke depan memberi kami 'sindrom leher kura-kura' dan kelingking yang kita gunakan untuk memegang ponsel terus bengkok sepanjang jalan," kata Paeng.

"Ketika beberapa generasi lewat, perubahan kecil dari penggunaan smartphone ini akan menumpuk dan menciptakan bentuk umat manusia yang sama sekali berbeda dan baru."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.