Sukses

Dari Pertanian hingga Rekrut Calon Karyawan, Ini 5 Hal Unik Penggunaan Astrologi

Berikut ini lima hal aneh penggunaan astrologi dalam sejumlah aspek kehidupan:

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini, ilmu astrologi lebih sering digunakan untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Seperti misalnya, apakah pasangan kita benar-benar menyukai kita, atau tentang nasib karier.

Namun, ternyata, kegunaan astrologi lebih dalam dari hal-hal itu. Ada banyak hal menurut sejarah yang memiliki korelasi dengan hal tersebut.

Dikutip dari ListVerse, Rabu (19/5/2021), berikut ini lima hal aneh penggunaan astrologi dalam sejumlah aspek kehidupan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pembiakan Hewan

Berhasil membiakkan ternak sering kali merupakan masalah hidup dan mati bagi keluarga petani. Untuk memastikan hewan yang akan lahir dapat membawa keuntungan, terkadang mereka memperhatikan zodiak hewan tersebut.

Ingin menghasilkan keturunan yang dapat memenangkan kontes kecantikan? Jadikan sebagai Libra. Ingin mengisi kembali stok pembiakan? Jadikan Scorpio, Pisces, atau Cancer.

2. Pertanian

Ilustrasi petani. (Gambar oleh Elias Shariff Falla Mardini dari Pixabay)

Keberhasilan setiap tanaman sangat bergantung pada musim, dan waktu tanam sangat penting untuk memastikan setiap benih baru memiliki banyak waktu untuk tumbuh sebelum suhu menjadi terlalu dingin untuk menghasilan produk akhir.

Namun, penggunaan astrologi di bidang pertanian lebih jauh dari itu. Telah lama dianggap bahwa pergerakan bintang dan planet dapat memberi tahu petani seberapa panas dan keringnya musim ini, atau berapa banyak curah hujan yang akan turun.

Menurut Asosiasi Bio-Dinamis India, pertanian yang sukses bergantung pada pemahaman gerakan ritme Bulan dan pengaruhnya terhadap benih dan tanaman.

Bahkan Almanak Petani memiliki panduan astrologi untuk menanam, memberi tahu petani hari apa dalam sebulan untuk menanam tanaman apa dan hari apa yang lebih baik untuk membersihkan gulma dan memperbaiki pagar.

3 dari 5 halaman

3. Memutuskan Tempat Tinggal

Sebagian besar dari kita mungkin menggunakan astrologi untuk melihat peluang karier, seberapa dekat dengan keluarga, atau bahkan mengintip masa depan.

Tenyata, astrologi juga digunakan sebagai teknik untuk mencari lokasi kelahiran mereka.

Menata diagram rumit dari bagan bintang yang menggunakan waktu tepat seseorang lahir melawan dunia fisik seharusnya, secara teori, dapat memberi tahu Anda seperti apa pengalaman yang akan didapatkan di salah satu dari sejumlah lokasi di seluruh dunia, menjadikannya ideal bagi seseorang yang ingin pindah dan yang lebih memercayai bintang daripada penilaian mereka sendiri.

4 dari 5 halaman

4. Saat Proses Perekrutan

Di banyak tempat di seluruh dunia, tentu perusahaan tidak boleh mendiskriminasi calon karyawan karena hal-hal seperti jenis kelamin, usia, atau status perkawinan.

Namun, ada satu hal yang digunakan untuk menyingkirkan orang-orang yang tidak mereka inginkan bekerja dalam perusahaan tersebut dengan alasan tanda bintang mereka.

Semuanya dimulai pada tahun 2009, ketika sebuah perusahaan Austria menjalankan iklan yang membutuhkan bantuan tetapi menetapkan bahwa pelamar hanya boleh lahir di bawah zodiak Leo, Aries, Aquarius, Taurus, atau Capricorn.

Menurut perusahaan tersebut, penelitian ilmiah telah menunjukkan kepada mereka bahwa karyawan terbaik dan tercerdas di negara itu lahir di bawah salah satu tanda bintang tersebut, jadi itu hanyalah cara bagi mereka untuk menyingkirkan pelamar yang lebih lemah.

5. Ilmu Kedokteran

Ilustrasi dokter/dok. Unsplash Hush Naidoo

Sebelum adanya teknologi canggih, selama berabad-abad, penyakit dan astrologi saling membantu satu sama lain.

Diyakini bahwa setiap tanda zodiak memengaruhi bagian tubuh tententu. Pisces menguasai kaki, Aries kepala, dan Scorpio bertanggung jawab atas alat kelamin.

Seorang barber surgeon, salah satu praktisi medis Eropa yang paling umum pada Abad Pertengahan -- biasanya ditugaskan untuk merawat tentara selama dan setelah pertempuran-- mungkin telah merawat pasien yang mengeluh sakit perut kronis dengan operasi atau pendarahan. Tetapi bagian perut diatur oleh Virgo, dan jika bulan saat ini Virgo, itu bukanlah pertanda baik untuk segala jenis operasi sama sekali.

 

Reporter: Paquita Gadin

5 dari 5 halaman

Infografis 3 Varian Virus Corona Paling Menular Lolos ke Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.