Sukses

Malaysia Siap Lockdown Total Negara Bagian Selangor Akibat COVID-19

Malaysia akan lockdown total Selangor bila kasus COVID-19 terus naik. Sejauh ini, aktivitas bisnis masih boleh berjalan.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Kementerian Kesehatan Malaysia siap melaksanakan lockdown total negara bagian Selangor akibat kasus COVID-19 terus meningkat. Selangor adalah wilayah yang terdepan di sektor industri Malaysia.

Selangor sebetulnya sudah terkena Movement Control Order (MCO) yang diterapkan sebelum Lebaran 2021. Namun, aktivitas bisnis masih bisa berjalan.

"Jika MCO tidak bisa mengekang penyebaran, maka MCO penuh akan dipertimbangkan," ujar Menkes Adham Babas seperti dilaporkan Channel News Asia, Selasa (18/5/2021),

Selangor adalah negara bagian terkaya di Malaysia, serta populasinya tertinggi. Lokasi Selangor bertetangga dengan Kuala Lumpur.

Sebagai ibu kota industri, Selangor sangat penting di dunia kerja.

Berdasarkan data Johns Hopkins University, ada 474 ribu kasus COVID-19 di Malaysia. Pasien meninggal tercatat 1.947 orang.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jewel Changi Airport di Singapura Tutup Akibat Lonjakan COVID-19

Sementara itu, update negara tetangga menyebutkan bahwa Jewel Changi Airport di Singapura sedang tutup selama dua minggu sejak Kamis lalu. Terminal 1 dan Terminal 3 juga tutup akibat lonjakan kasus COVID-19.

Dilaporkan Channel News Asia, Senin (17/5), semua pekerja di Terminal 1 dan 3 juga mengikuti tes wajib COVID-19 yang dimulai pada Minggu kemarin. Sebagai informasi, Terminal 2 tutup sejak 1 Mei 2020. 

Bandara Changi akan tetap buka selama periode ini. Penumpang dapat turun maupun berangkat di bandara ini.

"Akses menuju gedung-gedung terminal penumpang akan direstriksi untuk penupang dengan tiket penerbangan dan pekerja esensial bandara," ujar otoritas.

Beberapa layanan esensial dan tempat membeli makanan juga akan tetap buka.

Changi Airport Group (CAG) berkata sekitar 9.000 pekerja akan mengikuti tes COVID-19. Semua pegawai bandara yang sudah divaksin juga akan dites setiap 14 hari.

Otoritas bandara Changi meminta agar semua pekerja bandara tidak banyak keluar rumah, kecuali untuk kegiatan esensial, selama 14 hari ke depan hingga dinyatakan negatif COVID-19.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.