Sukses

Update 18 Mei 2021: Infeksi di India Nyaris 25 Juta, Total 163,3 Juta Kasus COVID-19 Dunia

Berikut ini update COVID-19 per 18 Mei 2021.

Liputan6.com, Delhi - Kasus COVID-19 di India sudah nyaris 25 juta kasus per Selasa pagi (18/5/2021). Kemunculan kasus baru di India bisa mencapai lebih dari 300 ribu per hari.

Angka kematian COVID-19 di dunia saat ini 3,3 juta. Dosis vaksin yang disuntik sudah mencapai 1,47 miliar.

Berikut daftar lima negara dengan kasus tertinggi berdasarkan data Johns Hopkins University:

1. Amerika Serikat: 32,9 juta kasus

2. India: 24,9 juta

3. Brasil: 15,6 juta

4. Prancis: 5,9 juta

5. Turki: 5,1 juta

Sementara, total kasus di Jepang mencapai 688 ribu kasus. Survei terbaru Kyodo menunjukan nyaris 60 persen warga mendukung pembatalan Olimpiade Tokyo 2021.

Di Jerman, kasus COVID-19 mencapai 3,6 juta kasus. Spanyol mencatat 3,6 juta, dan Italia 4,1 juta.

Kasus infeksi COVID-19 di China adalah 102 ribu, sejauh ini tidak ada lonjakan kasus COVID-19 di China sepanjang 2021. Sementara, Hong Kong mencatat total 11 ribu kasus, dan Taiwan sebanyak 2.017 kasus.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Polisi Cegah Penyebaran COVID-19 di Perbatasan RI-Filipina

Meski tidak ada penambahan kasus baru positif COVID-19 di Sulut dalam beberapa hari terakhir ini, tetapi upaya pencegahan dengan pengawasan penerapan protokol kesehatan tetap diperketat, termasuk di wilayah perbatasan RI-Filipina.  

Kapolsek Marore Iptu Rudin Lantaa memimpin pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan, di wilayah Kampung Marore, Kecamatan Kepulauan Marore, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulut, Sabtu pagi (15/5/2021). Marore merupakan salah satu pulau yang berada di wilayah perbatasan RI-Filipina. 

“Operasi kami lakukan di beberapa lokasi dengan berjalan kaki. Di antaranya Lindongan II Kampung Marore, pasar, serta seputaran Pelabuhan Marore,” ujarnya.

Rudin mengatakan, sasaran operasi adalah pendisiplinan penggunaan masker dan edukasi prokes terhadap masyarakat. Dalam operasi tersebut, petugas mendapati tiga warga yang tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah. Kemudian mereka dikenai teguran lisan bersifat pembinaan.

“Tidak bosan-bosannya kami mengajak masyarakat untuk mematuhi prinsip 5M demi mencegah penyebaran COVID-19,” ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Prokes di Talaud

Penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 juga dilakukan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulut, yang juga merupakan wilayah perbatasan RI-Filipina.  

Kapolsek Gemeh Ipda Christian Y Mewengkang memimpin operasi sambil memberikan imbauan kepada warga agar tetap mendisiplinkan diri, tetap mematuhi protokol kesehatan. Dia mengajak warga beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah situasi Pandemi COVID-19 dengan penerapan protokol COVID-19 secara ketat.

“Menggunakan masker, rajin mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, menghindari perkumpulan orang banyak dan tetap menjaga jarak,” ujarnya.

Christian juga mengajak masyarakat termasuk di wilayah perbatasan RI-Filipina untuk menjaga serta menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

4 dari 4 halaman

Infografis COVID-19:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.