Sukses

Tak Hanya AS, Penggunaan Vaksin COVID-19 Johnson & Johnson di Negara Lain Ikut Ditangguhkan

Penggunaan vaksin COVID-19 Johnson & Johnson di sejumlah negara lain ikut ditangguhkan usai adanya laporan kasus pembekuan darah.

Liputan6.com, Jakarta - AS, Afrika Selatan, dan Uni Eropa untuk sementara akan menghentikan penggunaan vaksin COVID-19 Johnson & Johnson (J&J), setelah adanya laporan pembekuan darah yang jarang terjadi.

Menurut laporan BBC, Rabu (14/4/2021), enam kasus terdeteksi dalam lebih dari 6,8 juta dosis vaksin, kata Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Johnson & Johnson telah menghentikan peluncuran di Uni Eropa, yang dimulai minggu ini. Ini mengikuti kasus serupa setelah dosis vaksin AstraZeneca, yang mendorong pembatasan penggunaannya.

FDA mengatakan merekomendasikan jeda sementara "karena sangat berhati-hati". 

Sejauh ini, dipastikan bahwa satu pasien meninggal karena komplikasi pembekuan darah, dan satu lagi dalam kondisi kritis. Keenam kasus terjadi pada wanita berusia antara 18 dan 48 tahun, dengan gejala muncul enam hingga 13 hari setelah vaksinasi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin Dihentikan Sementara

Mengikuti saran tersebut, semua situs federal di AS telah berhenti menggunakan vaksin sampai penyelidikan lebih lanjut tentang keamanannya selesai. 

Kontraktor negara dan swasta diharapkan untuk mengikutinya.

AS sejauh ini memiliki kasus Covid-19 paling tinggi yang dikonfirmasi yakni lebih dari 31 juta - dengan lebih dari 562.000 kematian, tertinggi di dunia.

Johnson & Johnson adalah perusahaan perawatan kesehatan AS, tetapi vaksinnya dikembangkan terutama oleh cabang farmasi di Belgia, dan juga dikenal sebagai Janssen. Tidak seperti beberapa suntikan lainnya, suntikan ini diberikan sebagai suntikan tunggal dan dapat disimpan pada suhu lemari es normal, membuatnya lebih mudah untuk didistribusikan di iklim yang lebih panas atau daerah yang lebih terpencil.

Sementara banyak negara telah memesan jutaan dosis di muka, vaksin tersebut hanya disetujui di beberapa negara.

Vaksin ini sudah diizinkan untuk digunakan di AS pada 27 Februari, tetapi vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna telah digunakan secara lebih luas. 

Vaksin J&J telah diberikan kepada hampir tujuh juta orang di AS, yaitu sekitar 3% dari total imunisasi yang diberikan sejauh ini.

Dr Anthony Fauci, penasihat COVID-19 di AS, mengatakan masih terlalu dini untuk berkomentar apakah otorisasinya dapat dicabut. 

Afrika Selatan, yang merupakan negara pertama yang memberikan vaksin, juga menghentikan penggunaannya, meskipun tidak ada kasus pembekuan darah yang dilaporkan di negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.