Sukses

3-3-1875: Perdana, Olahraga Hoki Es Dimainkan di dalam Ruangan

Liputan6.com, Kanada - Tepat hari ini pada tahun 1875, olahraga hoki es dalam ruangan pertama kalinya ada di mainkan publik di Montreal, Quebec, Kanada.

Dikutip dari History, Selasa (2/3/2021), setelah berminggu-minggu berlatih di Victoria Skating Rink dengan teman-temannya, penduduk Montreal James Creighton mengiklankan di Montreal Gazette edisi 3 Maret bahwa "Sebuah permainan hoki akan dimainkan di Victoria Skating Rink malam ini antara dua sembilan pemain yang dipilih dari antara anggota". Sebelum bermain di dalam ruangan, hoki es adalah permaian yang sebelumnya ada di tempat terbuka.

Victoria Skating Rink adalah tempat yang kecil sehingga Creighton membatasi setiap tim untuk mempunyai sembilan pemain.

Secara tradisional, olahraga hoki dimainkan di atas rumput dengan tongkat dan bola. Olahraga ini berakar dari Yunani kuno, Mesir, dan Persia sebelum menyebar ke Eropa dan Amerika -- cara bermain hoki ini masih populer di Amerika Utara dan disebut hoki lapangan.

Penduduk asli Amerika Utara sudah bermain dengan tokat dan bola jauh sebelum Prancis dan Inggris menyebrangi Atlantik.

Suku Cherokee, Ojibwe, dan Mohawk semuanya memiliki nama yang berbeda untuk apa yang disebut "lacrosse" oleh orang Prancis, seperti yang dilakukan oleh penduduk asli Iroquois di Quebec.

Pada abad ke-17 dan ke-18, seluncur es menjadi populer di Eropa dengan bermain seluncur di atas tulang kering hewan yang di asah.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Bola Diganti Menjadi Puck

Awalnya, hoki es dianggap sebagai olahraga yang terlalu berbahaya karena bola sulit dikendalikan di atas es.

Untuk pertandingan Montreal pada tahun 1875, bola diganti dengan cakram kayu -- yang sekarang dikenal sebagai puck.

Dengan menggunakan cakram tersebut, kemungkinan untuk lepas di udara atau ancaman bahaya bagi pemain dan penonton menjadi berkurang.

Creighton juga menerapkan aturan off-side yang mengamanatkan bahwa tidak ada 'forwad passing' di depan pemain dengan puck.

Pada keesokan harinya, The Montreal Gazette melaporkan bahwa pertandingan hoke es pertama di dalam Victoria Skating Rink menarik 40 penonton.

Setelah itu, hoki es menjadi sangat populer di Montreal dan pada 1877, Creighton menerbitkan peraturan untuk olahraga tersebut yang dikenal sebagai Montreal Rules.

Bertahun-tahun kemudian, pada 1994, RUU C-212, undang-undang yang dibuat oleh parlemen Kanada resmi menyatakan hoki es sebagai olahraga musim dingin asal Kanada.

 

Reporter : Paquita Gadin

3 dari 3 halaman

Infografis Meredam Kepanikan Wabah Virus Corona