Sukses

Dari Jual Alkohol Jadi RS Satwa Liar, Berani Berubah Ala Irlandia

Sebuah bar/pub yang tutup selama lockdown COVID-19 di Irlandia, kini melayani pelanggan yang sangat berbeda dari langganan mereka sebelumnya.

Liputan6.com, Dublin - Sebuah bar/pub yang tutup selama lockdown COVID-19 di Irlandia, kini melayani pelanggan yang sangat berbeda dari langganan mereka sebelumnya.

Tempat minum-minum alkohol itu berubah menjadi rumah sakit satwa liar pertama Irlandia --AFP mewartakan, dikutip dari France24. Sabtu (27/2/2021).

 

Bar pub Tara Na Ri di County Meath di barat laut Dublin sekarang sepi, tirai ditarik ke bawah, keran bir Guinness kering dan sampai kosong. Tapi bangunan luar pub adalah sarang aktivitas.

Di dalam, salah seorang anggota staf memberi makan Liam, seekor kambing Irlandia liar berusia dua minggu yang ditemukan di lereng gunung.

Sementara itu, tiga angsa bersarang di atas jerami di bekas kandang, rubah nakal mengendap di kandang baru, dan elang buteo bermata lebar sedang dirawat untuk kembali sehat. "Kami sangat terbiasa hanya dengan satu cara hidup tunggal," kata James McCarthy, yang keluarganya telah memiliki pub selama lebih dari satu dekade.

"Ketika itu diambil, Anda kini terasa hampa. Butuh beberapa waktu sebelum kehampaan itu diisi kembali dengan hal-hal lain yang tidak akan pernah Anda pikirkan mungkin terjadi sebelumnya."

 McCarthy telah mengubah bangunannya menjadi fasilitas yang didukung pemerintah.

Alih-alih menyediakan shot tequila dan kawan-kawannya, Tara Na Ri yang kini beralih nama menjadi Wildlife Rehabilitation Ireland (WRI) itu sekarang hanya melayani pelanggan manusia via sistem drive-thru dengan menyajikan kopi takeaway di depan pub.

Fasilitas WRI, yang dibuka untuk pertama kalinya pada Jumat 26 Februari 2021, adalah rumah sakit hewan pertama di Irlandia yang mampu merawat hewan dari berbagai spesies, ukuran, dengan kebutuhan medis apa pun.

"Kami memberanikan diri untuk melakukan hal ini, yang merupakan waktu tersibuk kami tahun ini," kata manajer hewan Dan Donoher, menenangkan seekor merpati di atas meja pemeriksaan. "Kita akan mendapatkan banyak bayi burung, bayi rubah dll dan mereka akan membuat kita sibuk selama enam bulan ke depan."

 Pub memainkan peran penting dalam masyarakat Irlandia, terutama di daerah pedesaan terpencil, dan penutupan Tara Na Ri pada Maret 2020 adalah pukulan berat bagi masyarakat. Bar itu berdiri di dekat bukit yang disebut Tara dengan gundukan pemakaman kuno. Nama bar itu (Tar Na Ri) jika diterjemahkan, berarti Tara dari Para Raja.

Petugas pendidikan WRI Aoife McPartlin mengatakan para pelanggan pub justru menyambut antusias atas berubahnya tempat nongkrong langganan mereka menjadi sebuah rumah sakit hewan. "Kami memeluk mereka, mereka memeluk kami," kata penduduk setempat, yang mengajukan diri waktu mereka untuk merenovasi bangunan luar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini