Sukses

Kudeta Militer Myanmar, DK PBB Desak Pembebasan Aung San Suu Kyi

DK PBB telah mendesak pihak militer Myanmar untuk membebaskan Aung San Suu Kyi.

Liputan6.com, Jenewa - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menyerukan pembebasan pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan lainnya yang ditahan oleh militer dan menyuarakan keprihatinan atas keadaan darurat tersebut. 

Sementara itu, pemerintahan Presiden AS Joe Biden sedang mempertimbangkan perintah eksekutif sebagai tanggapan atas kudeta yang dapat mencakup beberapa sanksi, kata penasihat keamanan nasional Jake Sullivan. Demikian seperti mengutip Channel News Asia, Jumat (5/2/2021). 

Transisi pemerintahan Myanmar yang panjang dan bermasalah menuju demokrasi tergelincir pada hari Senin ketika komandan militer Min Aung Hlaing mengambil alih kekuasaan, menuduh ketidakberesan dalam pemilihan November lalu bahwa partai Aung San Suu Kyi menang telak.

Dewan Keamanan PBB yang beranggotakan 15 orang mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disetujui oleh konsensus pada hari Kamis bahwa mereka "menekankan perlunya menegakkan lembaga dan proses demokrasi, menahan diri dari kekerasan, dan sepenuhnya menghormati hak asasi manusia, kebebasan fundamental dan supremasi hukum."

Bahasa dalam pernyataan itu lebih lembut daripada yang awalnya dirancang oleh Inggris dan tidak menyebutkan kudeta - tampaknya untuk mendapatkan dukungan dari China dan Rusia, yang secara tradisional melindungi Myanmar dari tindakan dewan yang signifikan. China juga memiliki kepentingan ekonomi yang besar di Myanmar.

Seorang juru bicara misi PBB di China mengatakan Beijing berharap pesan utama dalam pernyataan itu "dapat diperhatikan oleh semua pihak dan mengarah pada hasil yang positif" di negara tetangganya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penangkapan Aung San Suu Kyi

Peraih Nobel Perdamaian Aung San Suu Kyi (75) belum terlihat sejak penangkapannya. Polisi telah mengajukan dakwaan terhadapnya karena mengimpor secara ilegal dan menggunakan enam radio walkie-talkie yang ditemukan di rumahnya dan dia ditahan hingga 15 Februari.

Sekitar 147 orang telah ditahan sejak kudeta tersebut, termasuk aktivis, anggota parlemen dan pejabat dari pemerintah Aung San Suu Kyi, kata Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik Myanmar (AAPP).

Sedikitnya empat orang ditangkap pada hari Kamis, termasuk tiga orang yang mengambil bagian dalam demonstrasi di jalan dan seorang remaja yang membenturkan pot sebagai bagian dari protes malam terhadap kudeta.

Di negara dengan sejarah berdarah penumpasan demonstrasi, tidak ada pencurahan massa oposisi di jalanan.

Tetapi para dokter telah membantu mempelopori kampanye pembangkangan sipil yang juga diikuti oleh beberapa pegawai pemerintah, pelajar dan kelompok pemuda lainnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Kudeta Militer di Myanmar:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.