Sukses

14-1-1943: Franklin Roosevelt Jadi Presiden AS Pertama yang Pergi ke Luar Negeri Pakai Pesawat

Saat masa Perang Dunia II, Presiden AS ke-32 Franklin Roosevelt melakukan kunjungan kenegaraan dengan menggunakan pesawat. Ia menjadi presiden AS pertama yang melakukan itu.

Liputan6.com, Jakarta- Franklin D. Roosevelt menjadi presiden Amerika Serikat pertama yang melakukan perjalanan bisnis resmi dengan pesawat terbang pada Pada 14 Januari 1943.

Pada saat itu, Roosevelt menumpangi penerbangan dengan Boeing 314 lying Boat, yang dijuluki Dixie Clipper menyeberangi samudra Atlantik untuk menghadiri pertemuan strategi Perang Dunia II dengan Perdana Menteri Inggris saat itu, Winston Churchill di Casablanca, di Afrika Utara.

Karena pesawat U-boat Jerman yang menewaskan banyak korban di laut Amerika di Atlantik, penasihat Roosevelt pada saat itu sebenarnya kurang setuju untuk mengirim Presiden ke-32 AS tersebut menggunakan pesawat.

Roosevelt, yang saat itu berusia 60 tahun, dengan berani melakukan perjalanan pulang-pergi sejauh 17.000 mil jauhnya, seperti dikutip dari History.com, Kamis (14/1/2021).

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penerbangan dari Florida

Perjalanan rahasia itu dimulai pada 11 Januari 1943, dengan pesawat yang melakukan pemberhentian beberapa kali selama empat hari untuk mengisi bahan bakar dan istirahat bagi para penumpangnya.

Roosevelt dan rombongannya meninggalkan Florida, mendarat di Karibia, dan melanjutkan penerbangan mereka ke pesisir selatan Amerika Selatan menuju Brasil dan kemudian terbang melintasi Atlantik menuju Gambia.

Mereka pun akhirnya tiba di Casablanca pada 14 Januari 1943.

Setelah menghadiri pertemuan dengan PM Churchill, serta beberapa tamasya dan mengunjungi pasukan perang, Roosevelt kembali pulang ke AS, dan merayakan ulang tahunnya yang ke-61 di suatu wilayah di Haiti.

3 dari 3 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.