Sukses

15 Ribu Orang di Jepang Akan Ikuti Gelombang Baru Tes Antibodi Virus Corona COVID-19

Gelombang baru tes antibodi Virus Corona dijalankan Jepang pada sekitar 15.000 orang.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Jepang menggulirkan gelombang baru tes antibodi Virus Corona COVID-19 pada sekitar 15.000 wargnya. Tes akan rampung pada akhir 2020, saat pemerintah berupaya memahami dengan lebih baik skala penyebaran pandemi COVID-19 di negara tersebut.

Menteri Kesehatan Jepang Norihisa Tamura mengatakan, tes itu akan dilakukan di Tokyo, Osaka, dan tiga prefektur lain, termasuk Miyagi, Aichi, dan Fukuoka.

Baru-baru ini, Jepang mencatatkan rekor jumlah kasus penularan COVID-19, dengan beberapa kota besar, termasuk Tokyo dan Osaka, meminta bisnis hiburan malam mempersingkat jam operasional mereka demi mencegah penyebaran Virus Corona.

Menurut kementerian itu, hasil tes tersebut akan membantu para petugas kesehatan memahami secara lebih akurat tentang sejauh mana pandemi telah menyebar di Jepang. Hal itu dimungkinkan karena antibodi untuk melawan virus corona akan muncul bahkan pada mereka yang tidak memiliki gejala.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Uji Pertama

Pada Juni, Jepang menguji antibodi Virus Corona pada sekitar 8.000 orang, dengan hasil yang menunjukkan tingkat penularan sebesar 0,10 persen di Tokyo, pusat penyebaran wabah di negara itu. Sementara tingkat penularan di prefektur Osaka dan Miyagi masing-masing tercatat sebesar 0,17 persen dan 0,03 persen, seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (28/11/2020).

Sejumlah pakar kesehatan mengatakan hasil tersebut menunjukkan bahwa penyebaran coronavirus di tiga wilayah itu sangat terbatas, karena angkanya tercatat lebih rendah dibandingkan tingkat penularan sekitar 20 persen yang terdeteksi di New York dan 5 persen di Spanyol.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19