Sukses

27-11-1940: Lahirnya Sang Legenda Bela Diri Bruce Lee

Liputan6.com, San Francisco - Pada 27 November 1940, aktor dan ahli bela diri Bruce Lee lahir di San Francisco, California. Dalam karirnya yang terbilang singkat, Lee menjadi bintang film di Asia dan kemudian menjadi ikon budaya pop di Amerika.

Lee lahir saat ayahnya, seorang bintang opera China sedang melakukan tur di Amerika, lalu keluarganya pindah kembali ke Hong Kong pada tahun 1941. Saat tumbuh dewasa, Bruce Lee adalah seorang aktor cilik yang muncul di sekitar 20 film China, ia juga belajar menari dan berlatih kung fu gaya Wing Chun (juga dikenal sebagai kung fu).

Dikutip dari History.com, pada tahun 1959 Bruce Lee kembali ke Amerika, di mana ia akhirnya kuliah di Universitas Washington dan membuka sekolah seni bela diri di Seattle. Pada 1964, ia menikahi Linda Emery, lalu pada 1965 melahirkan Brandon Lee, anak pertama dari dua bersaudara.

Pada tahun 1966, keluarga Lee pindah ke Los Angeles dan Bruce Lee pun muncul di program televisi The Green Hornet (1966-1967), bermain sebagai tokoh Kato. Ia juga tampil di turnamen karate di seluruh Amerika Serikat dan terus mengajar seni bela diri kepada klien pribadinya, termasuk aktor Steve McQueen.

Untuk mencari peran akting yang lebih baik daripada yang ditawarkan Hollywood, Lee kembali ke Hong Kong pada awal 1970-an. Dia berhasil memantapkan diri sebagai bintang di Asia dengan film aksi The Big Boss (1971) dan The Way of the Dragon (1972), yang dia tulis, sutradarai dan bintangi.

2 dari 4 halaman

Bruce Lee Meninggal Sebelum Menyelesaikan Film Enter the Dragon

Film Bruce Bruce Lee berikutnya, Enter the Dragon, dirilis di Amerika Serikat oleh studio Hollywood Warner Brothers pada Agustus 1973. Tragisnya, ia telah meninggal satu bulan sebelumnya, pada 20 Juli di Hong Kong, setelah menderita edema (penumpukan cairan) di otak yang disebabkan oleh reaksi terhadap obat pereda nyeri.

Enter the Dragon kemudian menjadi hit box-office, meraup lebih dari $ 200 juta (Rp 2,826,160,000,000). Setelah wafat, Bruce Bruce Lee dikenang sebagai ikon film di Amerika.

Jasad Bruce Lee dikembalikan ke Seattle, tempat ia dimakamkan. Kematiannya yang mendadak pada usia muda 32 tahun memicu rumor dan spekulasi tentang penyebab kematiannya.

Satu teori menyatakan bahwa Bruce Lee telah dibunuh oleh gangster China, sementara rumor lain beredar bahwa aktor tersebut telah menjadi korban kutukan mati muda dalam silsilah keluarga Bruce Lee.

Teori kutukan keluarga muncul kembali ketika Brandon, putra Bruce Lee yang berusia 28 tahun, mengikuti jejak ayahnya untuk menjadi seorang aktor dan meninggal dalam penembakan yang tidak disengaja di lokasi syuting film The Crow pada 31 Maret 1993.

Brandon dimakamkan di samping ayahnya di pemakaman Lake View Cemetery, Seattle.

Reporter: Ruben Irwandi

3 dari 4 halaman

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: