Sukses

4 Sejarah Penting Palestina pada November, Kemerdekaan hingga Kematian Yasser Arafat

Daftar sejarah penting di Palestina pada bulan November.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan November adalah momen yang penting bagi Palestina. Ada banyak peristiwa sejarah yang terjadi pada bulan ke-11 ini, mulai dari Deklarasi Balfour hingga kematian Yasser Arafat.

Tokoh Palestina Yasser Arafat meninggal di Paris pada 11 November 2014. Penyebab kematian Arafat masih diperdebatkan, namun Palestina percaya Israel melakukan pembunuhan.

"Israel adalah sebagai suspek pertama, fundamental, dan satu-satunya dalam pembunuhan Yasser Arafat. Pemimpin Palestina diracuni hingga tewas dengan polonium radioaktif," tulis Kedutaan Besar Palestina dalam pernyataan resmi, Rabu (11/11/2020).

Selama abad ke-20, ada lagi tiga peristiwa di bulan November yang dikenang Palestina. Berikut daftarnya:

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2 November 1917

Pada 2 November 1917, pemerintah Inggris mengumumkan Deklarasi Balfour saat Perang Dunia I. Isinya adalah untuk membangun "rumah nasional bagi rakyat Yahudi."

Palestina menegaskan, Deklarasi Balfour tidak sah. Mereka lantas meminta dunia internasional agar Israel beranjak dari Palestina.

"Kami meminta sekali lagi untuk perlindungan internasional bagi rakyat kami, untuk penegakan resolusi, dan penerapan tindakan-tindakan oleh semua negara agar mengikuti tanggung jawab internasional mereka untuk mengakhiri kolonisasi dan pendudukan Israel di tanah kami," ujar Kedubes Palestina.

3 dari 4 halaman

29 November 1977

Majelis Umum PBB menetapkan adanya Hari Solidaritas bersama Rakyat Palestina. Tahun ini, Palestina meminta agar hari tersebut dijadikan momentum proses perdamaian.

"Mari berkomitmen untuk memberikan kehidupan baru pada proses damai sehingga tujuan kenegaraan bagi rakyat Palestina dapat diwujudkan sebelum tragedi ini mengambil lebih banyak nyawa," ujar Kedubes Palestina. 

4 dari 4 halaman

15 November 1988

15 November adalah hari kemerdekaan Palestina. Penetapan hari itu dilakukan oleh Palestine Liberation Organization (PLO).

Pengumuman kemerdekaan dibuat oleh Yasser Arafat dari Aljazair. Ia berkata bahwa Yerusalem merupakan ibu kota Palestina.

Kedubes Palestina berkata sudah lebih dari tiga dekade sejak Palestina merdeka, tetapi hal itu belum terpenuhi karena pendudukan Israel disebut masih berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.