Sukses

Uang hingga Cincin Berlian, Menguak 7 Warisan Putri Diana untuk 2 Putranya

Putri Diana menandatangani surat wasiat terakhir beberapa bulan sebelum kematiannya. Ia menghadiahkan banyak miliknya kepada kedua putra tercinta. Pangeran William dan Harry.

Liputan6.com, Jakarta Pada 1993, empat tahun sebelum kematiannya yang tragis, Putri Diana menandatangani surat wasiat terakhir. Ia menghadiahkan banyak miliknya kepada kedua putra tercinta.

Apa saja warisan yang ditinggalkan oleh Putri Diana untuk Pangeran William dan Harry?

Berikut ini informasinya, dirangkum dari Riders Digest, Kamis (22/10/2020):

1. Bagian dari Kekayaan Bersihnya

Pound sterling Inggris. (Sumber: pixabay)

Pada saat kematiannya akhir Agustus 1997, Princess of Wales dilaporkan memiliki kekayaan bersih sekitar 21 juta pound sterling atau sekitar Rp 405 miliar. Ini termasuk semua dana, investasi saham, objek fisik seperti perhiasan dan pakaian, dan penyelesaian perceraiannya senilai 17 juta pound sterling dari Pangeran Charles.

Sesuai dokumen yang Putri Diana teken pada tanggal 1 Juni 1993, kekayaan bersihnya, yang secara hukum dikenal sebagai harta miliknya, dibagi antara beberapa orang yang berbeda, termasuk kepala pelayan lamanya, Paul Burrell, dan banyak anak baptisnya. Namun, tidak mengherankan, penerima manfaat utamanya adalah putra kesayangannya, William dan Harry.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

2. Discretionary Fund (Dana Diskresioner)

Dalam wasiatnya, Diana membentuk Discretionary Fund atau Dana Diskresioner, yang akan bermanfaat bagi kedua putranya dan keluarga masa depan mereka.

Seratus ribu pound sterling atau sekitar Rp 19 miliar dilaporkan masuk ke dana tersebut, selain akumulasi bunga dan pendapatan dari aset dana tersebut. Kini setelah Pangeran William dan Pangeran Harry sama-sama menikah, Kate Middleton dan Meghan Markle juga diperbolehkan menerima dan menggunakan uang dari dana ini.

 

 

3 dari 7 halaman

3. Permata dan Harta Benda Lainnya

Sehari setelah dia menandatangani wasiat asli, Lady Di menyusun dokumen tambahan yang disebut Letter of Wishes, yang menjelaskan apa yang dia ingin lakukan dengan perhiasan dan harta benda lainnya.

Surat tersebut meminta agar 75 persen dari barang pribadi miliknya, yang disebut chattels atau barang bergerak di Inggris, didistribusikan secara merata antara William dan Harry. Kabarnya, dia bahkan secara khusus menyatakan dalam surat itu bahwa dia berharap agar istri putranya suatu hari nanti bisa memakai perhiasannya. 25 persen harta lainnya akan diberikan kepada berbagai anak baptisnya.

4 dari 7 halaman

4. Residuary Estate

Residuary estate adalah istilah pengesahan hakim yang mengacu pada aset di harta orang yang meninggal setelah semua hadiah diwariskan dan hutang, pajak, biaya administrasi, biaya surat pengesahan hakim dan biaya pengadilan dibayar.

Dalam residuary estate pada wasiatnya, Diana meminta, setelah pembagian harta bendanya dan alokasi Discretionary Fund, sisa harta warisannya dibagi di antara putra-putranya.

Putri Diana mewariskan sisa real estat miliknya kepada mereka dengan syarat dalam perwalian sampai mereka berusia 25 tahun. Karena mereka masih remaja ketika dia meninggal.

Pelaksana perwalian, menurut sebuah codicil, atau suplemen, ditambahkan Diana ke surat wasiat pada Februari 1996, adalah ibu dan saudara perempuannya.

Sayangnya, visi Diana tentang warisannya tidak sepenuhnya menjadi kenyataan seperti yang dia bayangkan.

Beberapa bulan setelah kematian Diana, ibu dan saudara perempuannya mencari — dan diberlakukan — sebuah varian dari surat wasiat yang dikenal sebagai "The Arrangement".

Urutan variasi ini menunda tanggal Harry dan William akan mewarisi bagian warisan mereka. Meskipun mereka masih dapat menerima bunga dari perwalian tersebut saat berusia 25 tahun, mereka tidak akan mewarisi jumlah penuh sampai mereka berusia 30 tahun.

Pada saat kedua pangeran berusia 30 tahun, aset dari warisan berjumlah 10 juta pound sterling untuk masing-masing mereka. Dan itu bukan satu-satunya perubahan yang dibuat oleh para eksekutor; Pengaturan tersebut juga mengubah jumlah properti yang diterima 17 anak baptis Diana.

 

5 dari 7 halaman

5. Gaun Pernikahan

Bagian dari properti yang menjadi milik William dan Harry setelah kematian ibu mereka adalah gaun pengantinnya.

Gaun rancangan David dan Elizabeth Emanuel, yang memiliki panjang 25 kaki atau nyaris 8 meter tetap menjadi yang terpanjang dalam sejarah pernikahan kerajaan Inggris, diwariskan kepada para pangeran sebagai bagian dari wasiatnya.

Kendati demikian butuh waktu lama bagi putranya untuk benar-benar menerima gaun itu.

Seperti residuary estate, itu menjadi milik putranya ketika mereka berusia 30 tahun. Sebelumnya, menjadi bagian dari koleksi milik saudara laki-laki Diana, Earl Spencer.

Pada ulang tahun Harry yang ke 30, pada September 2014, gaun sutra yang mempesona akhirnya berpindah tangan dari Spencer ke keponakannya.

6 dari 7 halaman

6. Jam Tangan Cartier

Setelah kematian Putri Diana, setiap putranya diizinkan untuk memilih "kenang-kenangan" dari barang-barang kesayangannya di Istana Kensington. Pangeran William memilih jam tangan emas Cartier Tank Francaise, yang diberikan ayah sang putri kepadanya.

Setelah perceraiannya, Diana sering difoto memakai jam tangan ini, dan William tahu ibunya ingin dia memilikinya.

7 dari 7 halaman

7. Cincin Pertunangan

Kenang-kenangan yang dipilih Harry adalah cincin safir dan berlian 12 karat biru yang menakjubkan yang dibeli Pangeran Charles untuk calon istrinya pada tahun 1981. Namun, dua bersaudara itu dilaporkan setuju bahwa siapa pun di antara mereka yang bertunangan lebih dulu akan diizinkan memberikannya ke tunangan.

Jadi, ketika William sedang bersiap untuk melamar Kate Middleton, Harry memberikan cincin itu kepada kakak laki-lakinya.

Harry merancang sendiri cincin Meghan, dan dua berlian di kedua sisi yang lebih besar berasal dari koleksi pribadi Diana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.