Sukses

25 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Afsel Diperingati dengan Peluncuran Buku

Perayaan 25 tahun hubungan diplomatik ndonesia-Afrika Selatan diperingati dengan peluncuran buku berjudul “Indonesia South Africa: A South – South Partnership in the Making".

Liputan6.com, Jakarta- Buku berjudul "Indonesia South Africa: A South – South Partnership in the Making" diluncurkan pada 12 Oktober 2020, dalam perayaan 25 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Afrika Selatan (1994-2019).

Dilansir Kemlu.go.id yang mengutip KBRI Pretoria, Senin (19/10/2020), The South African Institute for International Affairs (SAIIA) berkolaborasi dalam kegiatan tersebut untuk mempromosikan buku yang ditulis oleh para kontributor dari Indonesia dan Afrika Selatan.

Buku itu berisikan pemikiran dan sudut pandang terhadap berbagai topik seperti sejarah hubungan Indonesia – Afrika Selatan, isu-isu kontemporer, dan ide-ide kerjasama ke depan. 

Dalam acara tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Afrika Selatan, Salman Al Farisi menekankan kuatnya sejarah hubungan Indonesia dan Afrika Selatan yang telah terjalin sejak lama juga mendorong kedua pihak untuk tidak merasa cepat puas dengan berbagai capaian yang diperoleh saat ini.

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hubungan Kemitraan yang Saling Menguntungkan

Duta Besar Salman Al Farisi menyampaikan, "Kita harus melihat lebih dari apa yang telah kita perbuat saat ini dan mengubah hubungan baik yang telah lama terjalin menjadi hubungan kemitraan yang saling menguntungkan."

Para kontributor yang terlibat dalam penyusunan buku ini, yakni Prof. Muhammed Haron dari University of Botswana; Dr. Siswo Pramono, Kepala BPPK, Kementerian Luar Negeri RI; Prof. Dirk Kotze dari University of South Africa; dan Ebrahim Patel, Konsul Kehormatan RI di Durban pun turut memberikan pemaparan pada kegiatan itu.

Selain itu, Prof. Gabriel Faimau dari University of Botswana juga memberikan ulasan terhadap buku pada sesi paparan tersebut.

Adapun salah satu agenda yang menjadi sorotan dalam kegiatan kali ini, yaitu sesi diskusi dan tanya jawab bagi peserta untuk memberikan pertanyaan, apresiasi, maupun saran atau ide-ide terkait hubungan Indonesia-Afrika Selatan ke depan.

Kemudian pada akhir acara, seluruh pihak dari kedua negara menyatakan pentingnya menjaga serta meningkatkan hubungan kedua negara yang telah terjalin sejak seperempat abad yang lalu ke tahap selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.