Sukses

6-10-1499: Raja Prancis Louis XII Berhasil Menguasai Milan

Dalam perang Italia pada tahun 1499-1504, Raja Louis XII berhasil menguasai Milan dari musuhnya Ludovico Sforza.

Liputan6.com, Milan - Pada 1498, Louis XII diangkat menjadi Raja Prancis untuk menggantikan sepupunya Raja Charles VIII. Semenjak itu, Raja Louis XII marak melakukan ekspansi ke wilayah-wilayah lainnya di Eropa.

Dikutip dari On This Day, Selasa (06/10/2020), Raja Louis XII berhasil menduduki Milan dari penguasaan Adipati Milan yakni Ludovico Sforza, pada 6 Oktober 1499. Namun Sforza dapat menduduki kembali wilayah tersebut pada musim dingin selanjutnya.

Strategi yang digunakan oleh Louis XII untuk merebut Milan adalah dengan meneror sekeliling kota dengan sengaja dan berusaha menyudutkan Sforza hingga akhirnya Milan dapat dikuasai Prancis.

Tak cukup sampai di situ, setelah itu Louis XII menginginkan klaim atas Kerajaan Napoli yang sebelumnya dikuasai Raja Charles VIII. Namun keinginannya tersebut tidak berjalan mulus karena ia bertemu dengan Ferdinan II dari Aragon.

Louis XII dan Ferdinan II akhirnya berperang untuk menguasai wilayah tersebut, hingga pada 1504, Prancis mengalami kekalahan. Setelah itu, Perjanjian Blois pada 1504 menuntut Louis XII untuk memberi kekuasaan Milan pada Charles V (cucu dari Kaisar Maximilian).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Louis XII Menerima Banyak Kekalahan

Dikutip dari Britannica, Louis menyebrangi pegunungan Alpen untuk menundukkan pemberontakan di Genoa. Kemudian pada Juni 1507, ia melakukan konsolidasi dengan Paus Julius II untuk melawan Venesia.

Namun pada 1510, Julius berbalik melawan Prancis. Kemudian musuh-musuh Louis membentuk "Liga Suci" untuk melawan Prancis, bahkan Henry VIII dari Inggris pun turut bergabung dalam liga tersebut.

Kemenangan Louis pada April 1512 tidak membuahkan hasil karena pihak lawan telah merebut daerah kekuasan Louis. Di bawah kepemimpinan Louis yang sangat ambisius justru menyebabkan bencana bagi Kerajaan Prancis. 

 

Reporter: Ruben Irwandi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.