Sukses

India Uji Coba Pesawat Tempur di Atas Wilayah Perbatasan China

Pada pertengahan Juni, tentara China dan India terlibat dalam pertempuran tangan kosong di wilayah Ladakh yang menewaskan 20 tentara India.

Liputan6.com, New Delhi - Jet Rafale Prancis milik India melakukan penerbangan uji coba di atas wilayah perbatasan yang diperebutkan dengan China di mana bentrokan mematikan antara tentara kedua negara.

Lima pesawat pertama dari pesanan senilai US$ 9,4 miliar untuk 36 pesawat Rafale secara resmi ditugaskan pada 10 September, dengan Menteri Pertahanan Rajnath Singh menyebut ini adalah "pesan kuat" untuk musuh-musuh New Delhi.

"Jet tempur Rafale telah diperkenalkan di wilayah operasional kami termasuk di Ladakh," kata seorang pejabat senior angkatan udara kepada AFP tanpa menyebut nama.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Selasa (22/9/2020) pada pertengahan Juni, tentara China dan India terlibat dalam pertempuran tangan kosong di wilayah Ladakh yang menewaskan 20 tentara India.

China juga mengakui banyak korban tetapi belum mengungkapkan angka apa pun. Dalam insiden lain di awal September, tembakan dilepaskan untuk pertama kalinya dalam 45 tahun di perbatasan dengan China.

Pengumuman penerbangan Rafale datang ketika komandan militer dari kedua belah pihak mengadakan putaran terakhir pembicaraan mereka yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di sepanjang perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Tidak terungkap kapan penerbangan dimulai, tetapi seorang fotografer AFP melihat jet Rafale terbang di atas ibu kota Ladakh Leh pada hari Senin, 21 September 2020.

Kementerian pertahanan mengatakan, selama komisioning pesawat tempur "sudah terbang dan terbiasa dengan lingkungan operasional kami" tanpa secara khusus menyebutkan Ladakh.

"(Rafale) telah menjalani pelatihan intensif yang terintegrasi dengan armada tempur lainnya termasuk penembakan senjata canggih," tambah pernyataan itu.

India mengakui berada di belakang China dan negara-negara kunci lainnya dalam daya tembak militer, dan pembelian jet Rafale adalah salah satu dari banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan 1,4 juta tentaranya.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi India Tangkap Jurnalis Lokal Diduga Mata-Mata China

Selain itu, ketegangan kedua negara juga ditandai dengan penangkapan seorang jurnalis lepas lokal dengan tuduhan memberikan "informasi sensitif" kepada petugas intelijen China.

Dalam sebuah pernyataan, Polisi Delhi mengatakan Rajeev Sharma yang berusia 61 tahun ditangkap awal pekan ini dan petugas telah menyita beberapa dokumen rahasia yang terkait dengan departemen pertahanan India dari kediaman jurnalis tersebut.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu 20 September 2020, seorang wanita keturunan Tionghoa dan pasangan Nepal-nya juga ditangkap karena diduga memasok "uang dalam jumlah besar" kepada Sharma karena menyampaikan informasi kepada intelijen China.

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar di luar jam kerja reguler.

Reuters tidak dapat segera menghubungi salah satu dari tiga orang tersebut, yang ditahan, atau pengacara mereka.

"Pada interogasi, Rajeev Sharma telah mengungkapkan keterlibatannya dalam pengadaan informasi rahasia sensitif dan selanjutnya menyampaikan hal yang sama kepada penangannya di China," kata Wakil Komisaris Polisi Delhi Sanjeev Kumar Yadav dalam pernyataannya.

Penangkapan itu dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan antara India dan China di perbatasan mereka di wilayah Himalaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China