Sukses

Olahraga Terbukti Bisa Bantu Pulihkan Diri dari Stres, Begini Penjelasannya

Menurut sebuah studi, olahraga terbukti dapat membantu pemulihan diri dari stres.

Liputan6.com, Jakarta - Olahraga dapat membantu untuk bangkit kembali dari stres, menurut sebuah studi baru yang menarik dengan percobaan menggunakan tikus. 

Studi tersebut menemukan bahwa olahraga teratur meningkatkan kadar bahan kimia dalam otak hewan yang membantu mereka tetap tangguh secara psikologis dan berani, bahkan ketika hidup mereka tiba-tiba tampak aneh, mengintimidasi dan penuh dengan ancaman. Demikian seperti mengutip CNN, Jumat (18/9/2020).

Studi ini melibatkan tikus, tetapi kemungkinan juga berdampak pada spesies manusia, karena manusia cenderung menghadapi stres, terlebih dari pandemi yang sedang berlangsung dan gangguan politik dan sosial saat ini.

Stres tentu saja bisa menjadi sekutu kita. Keadaan darurat dan bahaya membutuhkan tanggapan segera, dan stres bisa menghasilkan banjir hormon dan bahan kimia lain yang cepat dan membantu mendorong tubuh kita untuk bertindak.

"Jika seekor harimau melompat ke arah Anda, Anda harus lari," kata David Weinshenker, seorang profesor genetika manusia di Sekolah Kedokteran Universitas Emory di Atlanta dan penulis senior dalam studi baru tersebut. 

Respons stres, dalam situasi itu, tepat dan berharga.

Tetapi jika setelah itu, kita terusik oleh setiap kebisingan kecil dan menyusut dari bayang-bayang, kita bereaksi berlebihan terhadap tekanan awal, lanjut Weinshenker. 

Tanggapan kita menjadi maladaptif, karena kita tidak lagi bereaksi dengan rasa takut yang tepat terhadap hal-hal yang mengerikan, tetapi dengan kecemasan yang berlebihan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Ketahanan Terhadap Stres

Dalam penelitian sebelumnya yang menarik, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa olahraga tampaknya membangun dan memperkuat ketahanan stres. 

Tikus yang berjalan di atas roda selama beberapa minggu, misalnya, dan kemudian mengalami stres melalui guncangan ringan pada kaki mereka, kemudian merespons ke medan yang tidak dikenal, memiliki lebih sedikit rasa gentar daripada tikus yang tidak banyak bergerak yang juga mengalami guncangan.

Tetapi dasar fisiologis dari daya apung relatif hewan setelah latihan masih agak misterius, dan tikus hanyalah satu spesies. Menemukan hubungan serupa antara aktivitas fisik dan ketahanan pada hewan lain akan meningkatkan kemungkinan adanya hubungan serupa pada manusia.

Jadi, untuk studi baru, yang diterbitkan pada Agustus di Journal of Neuroscience, Weinshenker dan rekan-rekannya memutuskan untuk bekerja dengan tikus yang kelelahan dan untuk fokus pada kemungkinan efek galanin, peptida yang diproduksi di seluruh tubuh pada banyak hewan, termasuk manusia.

Galanin diketahui terkait dengan kesehatan mental. Orang yang lahir dengan kadar galanin yang rendah secara genetik menghadapi risiko depresi dan gangguan kecemasan yang sangat tinggi.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan produksi zat tersebut. 

 

3 dari 3 halaman

Lonjakan Produksi Zat Galanin

Dalam eksperimen tikus, beberapa di antaranya dilakukan di lab Weinshenker, para peneliti menemukan bahwa olahraga dapat menyebabkan lonjakan produksi galanin di otak hewan, terutama di bagian otak yang diketahui terlibat dalam reaksi stres fisiologis. Mungkin yang paling menarik, mereka juga menemukan bahwa semakin banyak galanin, semakin besar ketahanan stres tikus selanjutnya.

Untuk penelitian baru, mereka mengumpulkan tikus jantan dan betina dewasa yang sehat dan memberi beberapa dari mereka akses ke roda berjalan di kandang mereka. Lainnya tetap tidak aktif. 

Tikus pada umumnya tampak senang berlari, dan tikus dengan roda melesat melewati beberapa mil setiap hari. 

Setelah tiga minggu, para ilmuwan memeriksa penanda genetik galanin di otak tikus dan menemukan bahwa hasilnya jauh lebih tinggi pada pelari, dengan jarak tempuh yang lebih besar berkorelasi dengan lebih banyak galanin.

Kemudian para ilmuwan membuat stres semua hewan dengan menyetrum cakar mereka sedikit, sementara tikus ditahan dan tidak bisa lari. Metode ini tidak membahayakan tikus secara fisik tetapi membuat mereka takut, yang dikonfirmasi oleh para ilmuwan dengan memeriksa hormon stres pada tikus. 

Keesokan harinya, para ilmuwan menempatkan hewan yang aktif dan yang tidak aktif dalam situasi baru yang dirancang untuk membuat mereka khawatir lagi, termasuk kandang dengan bagian terang, terbuka dan gelap, area tertutup. 

Tikus adalah hewan mangsa dan reaksi alami mereka adalah lari ke kegelapan dan kemudian, saat mereka merasa aman, menjelajahi ruang terbuka. 

Hewan yang lebih aktif merespons seperti tikus normal dan sehat, dengan hati-hati bergerak menuju cahaya. Tetapi hewan yang tidak banyak bergerak cenderung meringkuk dalam bayang-bayang, masih terlalu terbebani oleh stres untuk dijelajahi. Mereka tidak memiliki ketahanan.

Akhirnya, para peneliti mengkonfirmasi bahwa galanin memainkan peran penting dalam ketahanan stres hewan dengan membiakkan tikus dengan tingkat zat yang sangat tinggi. 

Hewan pengerat itu bereaksi seperti hewan aktif sebelumnya, terhadap stres akibat guncangan kaki dengan banjir hormon stres di seluruh tubuh. Tetapi keesokan harinya, seperti hewan yang aktif, mereka dengan hati-hati menantang bagian terang dan gelap dari kandang yang terang dan gelap, tidak sembarangan tetapi dengan kehati-hatian yang sesuai.

Hasil dari eksperimen ini adalah bahwa galanin yang melimpah tampaknya penting untuk ketahanan, setidaknya pada hewan pengerat, kata Rachel P Tillage, kandidat PhD di lab Weinshenker yang memimpin studi baru tersebut. Dan olahraga meningkatkan galanin, memperkuat kemampuan hewan untuk tetap kuat dalam menghadapi rintangan apa pun yang dihadapkan pada kehidupan - dan sains - di hadapan mereka.

Tentu saja, ini adalah penelitian terhadap tikus dan tikus bukanlah manusia, jadi tidak mungkin untuk mengetahui dari penelitian ini apakah olahraga dan galanin berfungsi dengan cara yang persis sama di dalam diri manusia, atau, jika memang demikian, berapa jumlah dan jenis olahraga yang paling membantu manusia untuk mengatasi stres.

Namun, olahraga teratur sangat baik bagi kita, sehingga menerapkannya sekarang berpotensi membantu kita menghadapi ketidakpastian dan kekhawatiran saat ini secara "masuk akal," kata Weinshenker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.