Sukses

16-9-1977: Kecelakaan Maut Tewaskan Marc Bolan, Musikus Terkenal Era 70-an

Liputan6.com, Jakarta - Musikus pop, Marc Bolan tewas dalam kecelakaan mobil di barat daya London, Inggris pada 16 September 1977. Mantan penyanyi band T-Rex tersebut tewas saat kecelakaan maut terjadi dengan mobil yang dikemudikan kekasihnya, Gloria Jones. 

Saat itu, kecelakaan terjadi pada pukul 04.00 waktu setempat, ketika keduanya tengah dalam perjalanan ke kediaman Bolan di kawasan Richmond, usai mengunjungi restoran di Mayfair, seperti dikutip dari BBC On This Day, Rabu (15/9/2020).

Mobil yang dikendarai Jones itu keluar dari area jalan hingga menabrak pohon di wilayah Barnes, London, Inggris.

Saudara laki-laki Jones, yang saat itu mengikuti mobil mini berwarna ungu mereka, menerangkan kepada polisi bahwa kendaraan itu melaju dengan kecepatan 48,3 km per jam ketika di blackspot, lokasi kecelakaan yang terkenal.

Phillip Evans-Lowe, yang saat itu menyaksikan langsung insiden tersebut, tengah mengemudi untuk pergi bekerja di sebuah perusahaan susu lokal ketika dia kecelakaan terjadi.

"Ketika saya tiba, seorang gadis sedang berbaring di atas kap mesin dan seorang pria dengan rambut ikal hitam panjang tergeletak di jalan - itu merupakan kekacauan yang sangat besar, maka saya segera memanggil polisi," ungkapnya.

Jones, yang juga merupakan seorang penyanyi asal AS baru saja kembali dari negaranya saat insiden tersebut terjadi.

Putra dari Bolan dan Jones yang masih berusia 20 bulan tidak berada di dalam mobil saat kecelakaan itu terjadi. Namun kecelakaan tersebut membuat Jones mengalami patah tulang di bagian rahangnya dan shock.

 

 

2 dari 3 halaman

Keterangan dari Manajer Marc Bolan

Menurut manajer Marc Bolan, yang sempat berjumpa dengan mereka pada malam insiden itu terjadi, Gloria Jones tidak meminum alkohol yang berlebihan di restoran. 

"Mereka tidak punya banyak minum, - hanya sebotol anggur dengan makanan dan beberapa setelahnya," terangnya. 

Saat itu, Bolan juga baru saja menyelesaikan serial televisi dan dikatakan siap untuk kembali tampil setelah menghabiskan tiga tahun terakhir berada di luar negeri karena pengasingan pajak. 

Mantan manajernya, Tony Secunda, juga mengatakan, "Dia (Marc Bolan) tidak akan pernah mengendarai mobil, dia selalu takut - Marc tidak pernah memiliki SIM, dia menolak untuk belajar mengemudi."

Setelah pulih dari kecelakaan itu, Jones kembali ke AS.

Jones kemudian dipanggil untuk hadir di pengadilan London dengan tuduhan lalai dalam mengemudi dan mengendarai mobil dalam kondisi berbahaya. Namun, Jones diketahui tidak pernah kembali untuk menghadapi tuduhan tersebut.

Tetapi di samping itu, putra dari Bolan dan Jones, Rolan Bolan berhasil meneruskan hidupnya dengan menetap di Los Angeles dan menjadi musikus serta model brand pakaian ternama, Tommy Hilfiger.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Berikut Ini: