Sukses

Peluk hingga Memakaikan Baju, 5 Hal Ini Justru Bikin Anjing Peliharaan Jadi Stres

Hal-hal yang dianggap oleh manusia bisa menyenangkan anjing peliharaan namun ternyata justru membuat mereka stres.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai manusia, kita terbiasa berbicara tentang stres. Faktanya, kebanyakan dari kita mengalaminya setiap hari. 

Meski kedengarannya aneh, anjing juga bisa menderita stres yang serupa. 

Anjing yang mengalami stres akan menunjukkan beberapa gejala yang dapat dilihat secara kasat mata seperti menjadi hiperaktif atau apatis, perubahan dalam perilaku, atau perilaku berulang-ulang. Bahkan cara kita menangani gejala-gejala ini yang menyebabkan masalah pada awalnya - bahkan jika Anda tidak pernah bermaksud untuk membuat mereka menjadi stress.

Tetapi itulah alasan mengapa penting bagi Anda untuk mengetahui apa arti stres bagi seekor anjing.

Melansir laman Bright Side, Senin (14/9/2020), berikut adalah 5 hal yang tanpa disadari akan membuat anjing menjadi stres:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meninggalkan Mereka Sendiri dalam Waktu yang Lama

Kecemasan atau stres akibat perpisahan sangat umum terjadi pada anjing berusia muda yang belum terbiasa dibiarkan sendiri. Sedangkan untuk anjing yang usianya sangat tua, juga terpengaruh oleh kecemasan akan perpisahan karena mereka kehilangan kemampuan normalnya untuk merawat diri sendiri. 

Rasa stress mereka dapat terlihat dari perilaku merusak, menggonggong terus-menerus, atau melolong saat Anda keluar atau kembali. Beberapa anjing bahkan mungkin buang air di dalam rumah.

Agar mereka terbiasa, disarankan untuk tidak membiarkan hewan peliharaannya sendirian selama lebih dari 6 hingga 8 jam. 

Sebelum pergi, Anda harus mengamankan pintu dan jendela untuk mencegah mereka kabur, memastikan bahwa mereka memiliki cukup air dan makanan yang tersedia, dan meninggalkan mainan untuk menghibur diri mereka sendiri. 

Selain itu, sebelum pergi, Anda harus mengabaikannya selama sekitar 20 menit. Lakukan hal yang sama saat Anda kembali dan jangan menyapa atau membelai anjing sampai dia tenang. Kemudian Anda baru bisa menghabiskan waktu berkualitas bersama.

3 dari 6 halaman

2. Mengajak Jalan dengan Ikatan Tali yang Terlalu Kuat

Sudah menjadi fakta umum bahwa anjing perlu berolahraga di luar ruangan dan suka melepaskan energi saat berlari. Hal ini terutama berlaku untuk anjing yang tinggal di apartemen dan tidak memiliki ruang untuk berolahraga di rumah. 

Jikaa tidak memungkinkan untuk mengajak anjing berjalan tanpa ikatan, Anda harus memperhatikan seberapa kuat tali yang Anda gunakan. Tali yang ketat tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan fisik pada anjing Anda (seperti cedera punggung) tetapi juga membuatnya stres. 

Pada akhirnya, hal ini juga dapat memengaruhi perilaku anjing Anda.

 

4 dari 6 halaman

3. Mendengan Suara Keras

Terus-menerus terpapar suara yang sangat keras seperti musik melengking, petasan, kebisingan lalu lintas, atau suara lain yang sejenis bisa membuat stres bagi siapa pun.

Hal yang sama berlaku untuk anjing.

Perbedaannya adalah mereka tidak tahu dari mana suara itu berasal. Jadi mereka ketakutan, detak jantung mereka meningkat, dan tingkat stres mereka pun jadi naik. 

5 dari 6 halaman

4. Memeluk

Ungkapan kasih sayang biasanya bersifat manusiawi. Anjing tidak memahaminya seperti kita.

Faktanya, sebagian besar anjing menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan, kecemasan, atau stres saat kita terlalu menyayanginya. Mereka juga tidak suka jika Anda menyentuh atau membelai wajahnya. Terlebih, jika sentuhan seperti itu berasal dari orang asing.

Walaupun tidak semua anjing merasa demikian. Beberapa dari mereka suka dipeluk dan bahkan memintanya.

Tetapi jika Anda melihat tanda-tanda sebaliknya, berhentilah melakukan gestur tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Memakaikan Baju

Anjing pada umumnya lebih cenderung menerima jika dipakaikan pakaian daripada kucing. Beberapa ras bisa menerimanya dengan baik, terutama jika pakaian tersebut membantu mereka menahan dingin. Tetapi kebanyakan anjing bahkan tidak membutuhkannya dan benar-benar merasa sangat tidak nyaman dan membuat frustrasi.

Anda harus memperhatikan bagaimana anjing Anda bereaksi ketika Anda mencoba mendandaninya. 

Jika mereka menunjukkan tanda-tanda kemarahan yang jelas dan ingin melarikan diri, biarkan saja. 

Jangan memaksa anjing untuk melakukan hal-hal yang tidak ingin mereka lakukan. 

Tidak hanya menyebabkan mereka stres, tetapi juga dapat merusak kulit mereka karena bahan dari pakaian tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.