Sukses

43 Orang Tewas Akibat Longsor Kebun Teh di Kerala India

Liputan6.com, ‎Thiruvananthapuram - Longsor kebun teh di India menelan korban jiwa mencapai 43 orang. Tim SAR masih terus mencari orang yang tertimbun.

Dilansir The Indian Express, Senin (10/8/2020), longsor terjadi di kebun teh di daerah Rajamala di distrik Idukki, negara bagian Kerala. Penyebab longsor adalah hujan deras.

Longsor yang terjadi pada Jumat 7 Agustus itu menimbun tempat tinggal para pekerja dan keluarga mereka. Ada 78 orang yang tinggal di lokasi yang tertimbun longsor.

Kebanyakan dari keluarga itu tidak berhasil menyelamatkan diri.

Jaringan komunikasi sempat putus dan jembatan serta jalan juga terhalang akibat hujan besar. Akibatnya, informasi terkait longsor ini tidak dapat langsung tersebar.

Tim SAR yang terdiri dari 55 orang telah dikirim ke lokasi. Anjing pelacak juga sudah dikerahkan untuk mencari korban yang tertimbun.

Pemerintah memberikan uang santunan sebesar 5 lakh (sekitar Rp 97 juta) bagi para keluarga korban longsor.

2 dari 3 halaman

Pemerintah Janji Bantu Keluarga Korban

Korban jiwa pun terus bertambah dari awalnya ada 15 orang meninggal lalu kini menjadi 43. Pemerintah masih belum memfinalisasi jumlah korban jiwa akibat longsor ini karena pencarian masih berlangsung.  

Ketua Menteri Kerala, Pinarayi Vijayan, berkata pemerintah siap mengurus keluarga korban yang terdampak longsor.  

"Kita harus bertahan bersama karena kita punya tanggung jawab untuk mengurus mereka yang kehilangan segalanya. Kita juga harus memastikan pencaharian mereka dan membangun kembali hidup mereka," ujar Vijayan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: