Sukses

Vietnam Laporkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona COVID-19

Vietnam telah mencatat kematian pertama akibat virus corona COVID-19, setelah berbulan-bulan mempertahankan nol korban jiwa.

Liputan6.com, Hanoi - Vietnam telah mencatat kematian pertama akibat virus corona COVID-19, setelah berbulan-bulan mempertahankan nol korban jiwa --yang menjadi kebanggaan bagi negara Asia Tenggara tersebut.

Pasien yang meninggal merupakan pria berusia 70 tahun, berasal dari pusat kota Hoi An, kata media pemerintah, Jumat 31 Juli 2020, dikutip dari BBC, Sabtu (1/8/2020).

Vietnam tidak mencatat kasus baru selama lebih dari tiga bulan, sebelum akhirnya klaster kasus di resor terdekat Da Nang dilaporkan awal pekan ini.

Negara berpopulasi sekitar 95 juta, Vietnam telah melaporkan hanya 509 kasus sejak pandemi virus corona dimulai.

Tidak seperti banyak negara lain, Vietnam bertindak sebelum bahkan mengkonfirmasi kasus, menutup perbatasannya lebih awal untuk hampir semua pelancong, kecuali warga negara yang kembali.

Siapa pun yang memasuki negara harus menjalani karantina di fasilitas pemerintah selama 14 hari dan menjalani pengujian.

Dan untuk sementara waktu, pendekatan ini tampaknya sangat efektif, tanpa ada transmisi lokal baru yang dilaporkan sejak pertengahan April.

Negara ini menerima pujian atas upaya tepat waktu untuk menahan virus dan untuk perawatan itu mampu menawarkan pilot Skotlandia yang menghabiskan dua bulan dalam keadaan koma setelah terinfeksi virus corona COVID-19.

Tetapi pada awal minggu ini, datang berita sulit bahwa kasus-kasus baru telah ditemukan di tempat peristirahatan populer di Da Nang.

Puluhan ribu wisatawan dari seluruh negeri berada di kota pada saat itu, banyak dari mereka percaya ancaman dari virus corona telah berlalu.

Pemerintah awalnya menutup kota untuk pengunjung, sebelum akhirnya menerapkan lockdown lokal pada Rabu.

Awal pekan ini, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc memperingatkan bahwa setiap provinsi dan kota di negara itu menyusul klaster virus corona di Da Nang.

"Kami harus bertindak lebih cepat dan lebih keras untuk mengendalikan wabah," media pemerintah mengutip perkataannya.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vietnam Laporkan Infeksi Corona COVID-19 Tertinggi dalam Sehari Sejak Januari

Kementerian Kesehatan Vietnam pada Jumat, 31 Juli 2020 melaporkan 45 kasus COVID-19 baru terkait dengan wabah baru-baru ini di kota pusat Danang, menandai peningkatan harian tertinggi sejak kasus pertama muncul di negara itu pada akhir Januari.

Para pasien baru, dengan usia berkisar antara 27 hingga 87 tahun, terkait dengan empat rumah sakit dan sebuah hotel di Danang.

"Total infeksi sejak Virus Corona COVID-19 muncul kembali Sabtu lalu telah mencapai 93," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (31/7/2020).

Vietnam telah mendaftarkan total 509 kasus Virus Corona COVID-19, tanpa kematian. Negara ini telah dilaporkan 100 hari tanpa kasus penularan lokal.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.