Sukses

Lindungi Tim Medis Penanganan Pasien Corona COVID-19 RI, Korsel Kirim 625 Ribu Masker

Korea Selatan donasi masker untuk disalurkan kepada tenaga medis di rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta maupun puskesmas di berbagai daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Korea Selatan kembali mendonasikan masker untuk tenaga medis penanganan COVID-19 di Indonesia.

Menurut informasi dari Kedutaan Korea Selatan di Jakarta, hingga kini pemerintah mereka terus memberikan sumbangan kemanusiaan kepada Indonesia dalam masa penyebaran COVID-19. Berupa penyemprot disinfektan pada tanggal 8 April 2020, PCR test kit pada tanggal 24 April 2020, dan masker medis (KF94, 625.000 lembar) senilai USD 500.000 pada tanggal 11 Juli 2020.

Masker KF94 serupa kualitasnya dengan masker N95.

"Sebanyak 250.000 lembar masker telah tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta pada 9 Juli 2020, 250.000 lembar selanjutnya pada 11 Juli 2020 dan sisa 125.000 lembar akan segera dikirimkan setelah proses selesai di Korea," jelas pihak kedutaan dalam keterangan tertulisnya yang diterima Senin (13/7/2020).

Donasi berupa penyemprot disinfektan pada tanggal 8 April tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karantina pemerintah Indonesia, dan PCR test kit pada tanggal 24 April guna meningkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19.

"Sedangkan kali ini, donasi masker sangat berarti untuk melindungi tenaga medis yang bekerja di garda terdepan penanganan COVID-19 di Indonesia.

Donasi masker kali ini akan disalurkan kepada tenaga medis di rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta maupun puskesmas di berbagai daerah.

Saksikan juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindak Lanjut Janji Presiden Korsel

Kontribusi ini sebagai tindak lanjut dari janji Presiden Korea Selatan Moon Jae-in yang akan mempertimbangkan dukungan tambahan terhadap Indonesia dalam percakapan telepon antara kedua Presiden pada Selasa, 21 April 2020.

Indonesia sebagai salah satu mitra penting dalam kebijakan Baru ke Arah Selatan (New Southern Policy) merupakan satu-satunya negara di ASEAN, yang menjalin ‘hubungan kemitraan strategis khusus’ dengan Korea Selatan.

Oleh karena itu, pemberian sumbangan kemanusiaan yang berkelanjutan dari pemerintah Korea Selatan maupun sektor swasta kepada Indonesia, di saat berbagai negara meminta bantuan terkait penanganan COVID-19 kepada pemerintah Korea Selatan, mencerminkan pentingnya negara Indonesia bagi Korea Selatan dan betapa terjaganya hubungan yang erat antara kedua negara.

Perusahaan Korea Selatan di Indonesia dan organisasi masyarakat Korea Selatan di Indonesia telah memberi donasi alat pemeriksaan, baju perlindungan diri, masker dan lain-lain.

Pemerintah Korea Selatan akan terus meningkatkan kerjasama dengan pemerintah Indonesia dalam membentuk sistem penanganan COVID-19, termasuk pemberian sumbangan kemanusiaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.