Sukses

Hari Cokelat Sedunia, Makanan Manis yang Pernah Jadi Mata Uang

Hari 7 Juli merupakan hari internasional cokelat sedunia, tak hanya lezat, cokelat juga dicintai oleh banyak orang, berikut adalah hal yang harus kamu ketahui dari cokelat.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggal 7 Juli dikenal sebagai World Chocolate Day atau Hari Cokelat Sedunia. Demikian menurut data dari nationaldaycalendar.com.

Cokelat tentu tak asing bagi para pecinta makanan manis.

Tak hanya lezat, cokelat juga dapat membuat mood seseorang lebih baik, dan juga memiliki dampak yang baik untuk kesehatan. Orang-orang dapat menikmatinya dengan berbagai versi, mulai dari olahan kue, cokelat batang, brownies dan minuman. 

Mengutip Hindustan Times, cokelat berasal dari daerah Mesoamerika dan disuguhkan pertama kali pada 450 SM dengan cara difermentasi. Asal kata cokelat berasal dari kata klasik 'Nahuatl' - Xocolātl, bahasa dari suku Aztec. Mereka percaya bahwa biji kakao adalah hadiah dari Dewa Kebijaksanaan dan terus menjadi sangat populer sehingga mulai digunakan sebagai mata uang.

Cokelat, seperti yang kita kenal sekarang, dibuat dari biji kakao atau biji dari pohon kakao Theobroma. Tanaman kakao menghasilkan buah yang mirip dengan polong dalam struktur, dengan masing-masing buah berisi 20-60 biji dikelilingi oleh pulp putih lengket.

Untuk menjadi produk akhir, harus melalui berbagai langkah pengolahan yang meliputi fermentasi, pengeringan, pemanggangan dan penggilingan.

Saksikan Juga Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Awalnya Cokelat adalah Minuman yang Pahit

Laporan Hindustan Times menyebut, cokelat pada awalnya dikonsumsi hanya dalam bentuk minuman dan rasanya pahit. Minuman yang disebut 'Chilate' dibuat dari itu, setelah dicampur dengan rempah-rempah dan puree atau bubur jagung. Itu diyakini memberi kekuatan peminum dan bekerja sebagai afrodisiak yang kuat.

Pada 1519, Kaisar Aztec Montezuma menyajikan minuman yang disebut Xocolātl kepada penjelajah Spanyol, Hernán Cortés. Cortés membawa minuman itu kembali ke Spanyol bersamanya dan mencampurkan gula, vanilla, dan kayu manis untuk memberikan rasa tambahan dan sisanya adalah sejarah (cokelat). Minuman ini menjadi sangat populer di Prancis dan Inggris pada 1600-an setelah episode Spanyol-nya. Barulah pada tahun 1800-an orang belajar membuat cokelat yang bisa dimakan.

Fakta menyenangkan: Cokelat dianggap sebagai ransum penting bagi tentara Amerika Serikat pada abad ke-20. Hari Cokelat Sedunia telah dirayakan secara global pada tanggal 7 Juli sejak 2009 dan beberapa bahkan percaya bahwa itu memperingati hari cokelat diperkenalkan ke Eropa pada tahun 1550. Satu-satunya cara untuk merayakan liburan ini dengan benar adalah dengan makan segala macam cokelat yang lezat.

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.