Sukses

9 Orang Tewas dalam Serangan Udara di Suriah Timur

Liputan6.com, Jakarta - Setidaknya sembilan pejuang pro-Iran tewas pada akhir pekan kemarindalam serangan udara. Yang "kemungkinan" dilakukan Angkatan Udara Israel terhadap depot senjata Iran di Suriah timur dekat perbatasan Irak.

Dikutip dari laman Jewishpress.com, Senin (29/6/2020) Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan serangan itu terjadi di pedesaan Abu Kamal di timur Deir Ezzor.

Ini adalah serangan kedua yang dilaporkan dalam waktu kurang dari 24 jam. Serangan udara sebelumnya pada Sabtu malam juga menyalahkan Israel yang menewaskan empat warga Suriah dan dua warga negara asing tewas di desa al-Abbas dekat perbatasan Irak.

Selain mereka yang tewas pada hari Minggu, sejumlah lainnya terluka, termasuk sejumlah dalam kondisi kritis dan terluka parah.

Pasukan Pengawal Revolusi Islam Esud Ghaani telah mengunjungi Abu Kamal pasukan di Suriah pekan lalu.

Dalam sambutannya, Ghaani berbicara menentang Israel dan AS, menuduh Negara Yahudi mendukung organisasi teroris Negara Islam.

Tasnim mengutip Ghaani yang menggambarkan pejuang Negara Islam sebagai agen Israel dan Amerika Serikat, sebuah tuduhan umum oleh Iran. Namun, kantor berita kemudian menghapus laporan itu tanpa penjelasan.

2 dari 3 halaman

Pasukan Turki Bombardir Tentara Suriah di Idlib

Pasukan Turki kembali membombardir posisi tentara Suriah. Turki menyerang wilayah pinggiran barat Provinsi Idlib, Suriah barat laut, pada Sabtu 22 Februari waktu setempat.

Serangan artileri itu dilancarkan pasukan Turki yang ditempatkan di perbatasan Suriah-Turki dan menargetkan area-area di wilayah pinggiran barat Provinsi Idlib, kata Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah, seperti dilansir Xinhua.

Kelompok pemberontak yang didukung Turki juga menembak jatuh sebuah pesawat pengintai di Jabal al-Zawiyeh, wilayah pinggiran selatan Idlib, imbuh observatorium yang bermarkas di Inggris tersebut.

Di sisi lain, sejumlah pesawat tempur milik Suriah dan Rusia melancarkan sekitar 75 serangan artileri ke daerah-daerah yang diduduki pemberontak di Jabal al-Zawiyeh.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: