Sukses

100 Orang Ditangkap Polisi Inggris dalam Aksi Unjuk Rasa di London

Tayangan televisi menunjukkan beberapa demonstran melempar pukulan, botol, dan bom asap ke para polisi Inggris dan juga bentrok dengan pengunjuk rasa saingan.

Liputan6.com, London - Sedikitnya 100 orang ditangkap polisi London, Inggris pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 setelah pengunjuk rasa yang berpihak pada sayap kanan mengadakan demonstrasi tandingan terhadap aktivis anti-rasisme, memicu bentrokan dengan petugas..

Dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (14/6/2020) ribuan orang melanggar aturan pembatasan jarak sosial dalam pasca Virus Corona untuk berkumpul di dalam dan sekitar Parliament Square, di pusat ibukota.

Untuk itu diperlukan operasi pemolisian "besar", kata Kepolisian Metropolitan, seraya menambahkan bahwa mereka telah menemukan "bukti kekerasan yang ditujukan kepada petugas kami".

Tayangan televisi menunjukkan beberapa agitator melempar pukulan, botol, dan bom asap ke para polisi dan juga bentrok dengan pengunjuk rasa saingan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan "premanisme dan rasis tidak memiliki tempat di jalan-jalan kita" dan bahwa "siapa pun yang menyerang polisi akan berhadapan dengan kekuatan penuh hukum".

Ketika cuplikan dari kekacauan itu dibagikan secara luas di media sosial, ia menulis di Twitter: "Rasisme tidak memiliki bagian di Inggris dan kita harus bekerja bersama untuk mewujudkannya."

Sebuah protes oleh kelompok Black Lives Matter yang direncanakan hari Sabtu kemarin telah dialihkan ke hari Jumat untuk menghindari bentrokan dengan demonstrasi-demonstrasi sayap kanan.

Kelompok anti-rasisme Hope Not Hate telah memperingatkan sebelum Sabtu bahwa gerombolan hooligan yang melekat pada beberapa klub sepak bola Inggris juga berencana untuk menghadiri gerakan kontra-protes Sabtu.

Paul Golding, pemimpin kelompok politik sayap kanan dari Inggris First, yang melihat anggotanya dipenjara karena kejahatan kebencian, termasuk yang pertama tiba di Parliament Square.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Demo Anti-Rasisme

Sebelumnya, aksi turun ke jalan oleh beberapa ratus aktivis Black Lives Matter berakhir di Trafalgar Square dekat tempat para demonstran berkumpul dan di tengah kehadiran polisi yang banyak.

Komandan polisi, Bas Javid mengatakan sejumlah demonstran gagal bubar pada pukul 16.00 GMT.

"Ada kantong-kantong kekerasan yang ditujukan kepada para perwira kami. Ini benar-benar tidak dapat diterima dan saya mengutuk mereka yang terlibat," tambahnya.

Walikota London Sadiq Khan memuji pasukan itu karena melakukan "pekerjaan fantastis untuk mengendalikan situasi.

"Jutaan orang London akan merasa jijik dengan adegan memalukan dari kekerasan, penodaan dan rasisme yang ditampilkan oleh para ekstremis sayap kanan yang berkumpul di kota kami hari ini," tambahnya.

Inggris telah menyaksikan gelombang protes yang dipicu oleh kematian George Floyd pada bulan lalu -- seorang Afrika-Amerika yang tidak bersenjata, yang memicu kemarahan di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.