Sukses

Tanah Longsor Langka Sedalam 150 Meter di Norwegia Hanyutkan 8 Bangunan ke Laut

Pada Rabu 3 Juni 2020, tanah longsor telah terjadi di kota Alta, Norwegia Utara.

Liputan6.com, Jakarta- Beberapa bangunan hanyut ke laut setelah tanah longsor yang kuat terjadi di kota Alta, Norwegia Utara, pada Rabu 3 Juni.

Setelah dipanggil ke lokasi kejadian untuk menawarkan panduan kepada polisi dan tim penyelamat, Anders Bjordal, seorang insinyur direktorat Norwegian Water Resources and Energy, mengatakan kepada CNN bahwa ia melihat ada "luncuran tanah liat besar".

Anders mengatakan, longsor itu memiliki lebar 650 meter dan kedalaman 150 meter, dan menghancurkan delapan bangunan, termasuk empat kabin yang merupakan tempat tinggal akhir pekan.

Anders juga menambahkan, bahwa tidak ada yang terluka dan semua orang dievakuasi dari bangunan, seperti dikutip dari CNN, Jumat (5/6/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarang Terjadi Di Norwegia

Tanah longsor dengan skala seperti ini "jarang terjadi di Norwegia, mungkin setiap satu atau dua tahun. Di Alta tidak pernah ada longsor sebesar itu," kata Anders Bjordal.

Letak dari Kota Alta berada di wilayah Finnmark paling utara di negara tersebut yang terkenal akan hutannya, dataran tinggi pegunungan, pemandangan pantai, dan Cahaya Utara.

Dalam beberapa hari mendatang, para pejabat dilaporkan akan memantau tanah untuk pergerakan lebih lanjut serta memantau permukaan laut dan dasar laut.

Selain itu, Anders menambahkan bahwa pada pekan depan, para pejabat akan melakukan pengukuran tanah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.