Sukses

2-6-1953: Elizabeth II Dinobatkan Jadi Ratu Inggris

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II adalah salah satu penguasa Inggris dengan periode terlama setelah Ratu Victoria. Tahun ini tepat 67 tahun sang ratu berkuasa sejak koronasi.

Usia Putri Elizabeth II masih 27 tahun ketika ia diangkat menjadi ratu, sekitar 16 bulan setelah mangkatnya sang ayah, Raja George VI, pada Februari 1952. 

Situs History mencatat ribuan tamu kehormatan dari seluruh dunia menghadiri koronasi Elizabeth II di Westminster Abbey. Ratusan juta orang menyimak di radio, serta untuk pertama kalinya prosesi koronasi disiarkan secara langsung di TV.

Lebih dari 40 pemimpin negara persemakmuran (commonwealth) datang ke penobatan Ratu Elizabeth II, baik itu sultan maupun perdana menteri. Para pasukan dari berbagai negeri itu juga hadir dengan seragamnya masing-masing.

Saat menjalani prosesi menjadi ratu, Elizabeth II didampingi oleh suaminya, Philip, Adipati Edinburg.

Philip sejatinya merupakan seorang pangeran keturunan keluarga bangsawan Yunani dan Denmark, namun ia melepas gelar itu demi menikahi Elizabeth II.

Sebelum menjadi ratu, Putri Elizabeth II pernah terlibat di Perang Dunia II. Ia bekerja sebagai sopir truk dan ahli mekanik.

Ratu Elizabeth II menikmati popularitas yang tinggi selama menjadi ratu. Pada usianya yang ke-94 tahun, ia belum menunjukan tanda-tanda ingin turun takhta. Putra mahkotanya, Pangeran Charles, bahkan sudah berusia 71 tahun.

Mulai dari era Perang Dunia II hingga runtuhnya Uni Soviet, terpilihnya perdana menteri wanita pertama di Inggris sampai rezim Donald Trump, dan kini ada pandemi Virus Corona (COVID-19), Ratu Elizabeth II masih setia menjadi inspirasi bagi rakyatnya.

2 dari 3 halaman

Pertama Kali Muncul Usai Lockdown COVID-19

Ratu Elizabeth II muncul dalam sebuah foto yang tersiar ke publik ketika ia sedang mengendarai kuda di Windsor Castle. Itu merupakan penampilan publik pertamanya sejak lockdown atau penguncian wilayah terhadap Virus Corona COVID-19 dimulai. 

Dilansir dari laman BBC, Senin (1/6/2020), Ratu Elizabeth yang berusia 94 tahun itu difoto di atas seekor kuda Pony berusia 14 tahun bernama Balmoral Fern selama akhir pekan. 

Sang Ratu telah melakukan isolasi mandiri di sana dengan suaminya, Duke of Edinburgh (98) dan sekelompok stafnya.

Foto publik terakhir tentang Ratu diambil saat ia meninggalkan Istana Buckingham ke rumahnya di Berkshire pada 19 Maret. 

Sang Ratu telah menyelesaikan tugas resminya sebelum ia meninggalkan Istana Buckingham, tetapi tetap mengadakan audiensi tatap muka mingguannya dengan Perdana Menteri Boris Johnson di telepon sebagai gantinya.

Ratu Elizabeth memang kerap terlihat menunggangi kuda di sekitar kompleks istana sebagai salah satu kegiatan favoritnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: