Sukses

Ini Alasan Mengapa Burung Suka Hinggap di Kabel Listrik

Ada banyak yang penasaran mengapa burung suka hinggap di kabel listrik. Ini jawabannya.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin Anda pernah merasa heran, apa yang membuat banyak burung kerap hinggap di kabel listrik atau saluran telepon. Mereka terlihat menunduk dan berjajar, baik berkelompok atau sendirian.

Pertanyaannya, mengapa lebih senang hinggap di kabel listrik dibandingkan di ranting pohon?

Ken Picard dari Seven Days, Vermont, menghubungi ahli biologi margasatwa Mark LaBarr untuk mendapatkan jawaban, demikian dikutip dari laman Mentalfloss, Kamis (21/5/2020).

LaBarr, yang merupakan manajer program di Audubon Vermont, mengatakan ada beberapa alasan mengapa kabel listrik menjadi tempat nongkrong burung.

Beberapa spesies juga suka bertemu di kabel sebelum mereka memulai migrasi musiman. Itulah sebabnya selama akhir musim panas dan awal musim gugur Anda akan melihat kabel-kabel penuh dengan burung.

Biasanya mereka perlahan bersiap untuk melakukan perjalanan jauh ke selatan bersama-sama.

LaBarr mengatakan bahwa banyak jenis burung menghindari kabel tinggi selama musim kawin, karena jantan akan lebih sulit untuk menemukan pasangannya jika berdiri tepat di sebelah pesaing Anda.

Namun, kabel tidak melukai setiap spesies burung ketika tiba saatnya untuk bereproduksi.

Untuk elang dan burung pemangsa lainnya, kabel menawarkan pandangan bebas mangsa mereka yang ada di bawah. Cabang-cabang pohon memberikan pandangan yang terhalang dengan dedaunan tebal.

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hinggap di Jendela

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana mungkin burung suka hinggap di jendela. Faktanya, mata burung berada di sisi kepala, memberi mereka penglihatan sudut sangat lebar.

Kadang-kadang pandangan sepenuhnya hingga 360 derajat yang sangat berguna dalam melihat predator, saingan atau calon pasangan yang mendekati.

Namun, ini berarti bahwa area penglihatan mereka yang relatif kecil tertutup oleh kedua mata, sehingga sulit untuk fokus pada pemandangan langsung di depan mereka.

Karena ini, mereka dapat melihat pemandangan di sisi berlawanan dari jendela.

Alasan mengapa burung suka hinggap di jendela lantaran mereka menyukai cahaya. Pantulan kaca ini menarik perhatian mereka.

Selain itu burung juga penasaran dengan kaca tersebut dan ingin masuk ke dalam dimensi rumah anda yang terhalang dengan jendela.

Itu juga alasan yang membuat mereka kerap mematuk-matuk jendela.

Penelitian telah menunjukkan bahwa spesies burung yang bermigrasi lebih mungkin untuk menyerang kaca daripada spesies yang menetap, bahkan ketika mereka tidak bermigrasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.